Segarnya Sup Pangsit Oyong, Dimasak Kuah Bening dan Sehat

Vien Dimyati ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 09:26 WIB
Segarnya Sup Pangsit Oyong, Dimasak Kuah Bening dan Sehat

Mencicipi sup pangsit oyong (Foto : Instagram @lusiaa_vv)

JAKARTA, iNews.id - Oyong merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayuran yang juga akrab disebut gambas ini sangat lezat dan segar dimasak menjadi sayuran.

Apalagi di dalam kandungan sayur oyong terdapat antioksidan. Dilansir dari Health Benefit Times, sayur oyong mengandung berbagai antioksidan, mineral, vitamin, nutrisi dan lipid.

Kandungan ini merupakan sumber Vitamin B5, Vitamin A, Mangan, Kalium, Tembaga, serat makanan, Vitamin B6, Vitamin C dan Magnesium.

Tidak terlalu sulit untuk mengolah sayur oyong. Anda bisa memasak menjadi kuah bening. Untuk menambah kelezatan sayur oyong, Anda bisa memasukkan pangsit.

Pangsit bisa dibuat dari olahan daging ayam, udang kupas, telur, dan berbagai bumbu. Kuahnya segar dan menggugah selera. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat sup pangsit oyong? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @lusiaa_vv, Sabtu (15/8/2020).

Bahan pangsit:
250 gram dada ayam kampung
100 gram udang kupas
1 butir telur
1 batang daun bawang (iris)
3 siung bawang putih haluskan
1 sdm sagu tani
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
Secukupnya garam, lada bubuk dan gula pasir
Kulit pangsit

Cara Membuat:

1. Oyong, potong-potong.
2. Air kaldu udang/ayam secukupnya (Potong kecil daging ayam, udang lalu chopper, tambahkan telur, sagu tani, kecap asin, minyak wijen, secukupnya garam, lada bubuk dan gula, chopper merata).
3. Ambil 1 sdt daging lalu bungkus dengan kulit pangsit, lakukan sampai habis.
4. Didihkan air, masukkan pangsit, masak sampai mengapung tanda sudah matang. Angkat, tiriskan.
5. Didihkan secukupnya air kaldu udang/ayam tambahkan 1 sendok makan minyak bawang putih, masukan potongan oyong, beri dikit garam, lada bubuk dan gula, terakhir masukan pangsit rebus, taburi daun bawang, bawang putih goreng. Angkat, sajikan segera.

Editor : Vien Dimyati