Selain China, Ini Destinasi Menarik untuk Minum Anggur di Daratan Asia

Siska Permata Sari ยท Kamis, 03 Januari 2019 - 19:18 WIB
Selain China, Ini Destinasi Menarik untuk Minum Anggur di Daratan Asia

Minum anggur. (Foto: Thehealthsite.com)

JAKARTA, iNews.id - Kawasan Asia mungkin bukan tempat yang Anda pikirkan untuk berburu minuman anggur atau menikmati wine terenak di dunia. Tetapi belakangan ini, negara-negara di Asia mulai banyak yang mempunyai kebun anggur dan lebih banyak kilang anggur yang dibuat di Asia, termasuk kawasan Asia Tenggara.

Salah satu pemain dalam industri anggur di Asia adalah China, sebagai produsen anggur terbesar kedelapan di dunia. Selain itu ada Jepang, di mana memiliki anggur koshu asli yang memiliki karakter aromatik dan renyah.

Selain China, ada sejumlah kota atau negara yang memiliki wine lokal yang dipertimbangkan. Mana saja? Mari simak informasinya, seperti dirangkum iNews.id dari Lifestyle Asia, Kamis (3/1/2019).

Myanmar

Negara Myanmar memiliki tempat produksi anggur di kawasan desa Aythaya. Anda cukup berkendara selama 30 menit dari Nyang Shwe, pantai utara Danau Inle untuk datang ke Aythaya. Anggur khas mereka di antaranya anggur merah, shiraz, dornfelder, dan tempranillo. Kemudian untuk anggur putih ada sauvignon blanc dari Bordeaux dan Lembah Loire, serta Aythaya Rose yang dibuat dari buah anggur Moscato.

Bali, Indonesia

Salah satu kawasan Asia Tenggara yang mulai memproduksi wine selain Myanmar adalah Indonesia. Ya, tepatnya berada di Bali. Yaitu Hatten Wines yang terletak di Denpasar, Bali. Hatten Wines memanen lebih dari 34 hektare anggur per tahun, termasuk Probolinggo Biru, the Belgia, dan the French table grape Alphonse Lavallee.

India

Di India, Nashik adalah rumah bagi daftar kebun anggur terbaik di Asia. Ini adalah kota suci kuno di wilayah barat laut dari Maharashtra di India. Terletak di tepi Sungai Godavari (Gangga Selatan), ada kebun anggur Sula yang populer. Wine paling terkenal di kawasan India, terutama di Sula yang dijuluki sebagai kilang anggur kelas dunia adalah Dindori Reserve Shiraz from Sula. Anda bisa memadankan minuman anggur ini dengan hidangan India seperti daging kambing, kebab biryani, atau daging kambing panggang.

China

Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa China adalah produsen minuman anggur ke-delapan dunia dan menjadi negara konsumen anggur terbesar kelima di dunia. Salah satu destinasi populer di China untuk mencicip anggur adalah Yantai, tepatnya di Changyu yang merupakan penghasil anggur tertua dan terbesar di Tiongkok. Daerah-daerah lain yang merupakan tempat penghasil anggur terbaik adalah Yinjiang, Liaoning, semenanjung Penglai, dan Ningxia. Umumnya, anggur yang ditanam di sini adalah Cabernet Gernischt, varietas merah yang mirip dengan Cabernet Franc.


Editor : Tuty Ocktaviany