Selain Enak Digoreng, Kenali Manfaat Kesehatan Daging Ayam untuk Tubuh

Okezone.com ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:52 WIB
Selain Enak Digoreng, Kenali Manfaat Kesehatan Daging Ayam untuk Tubuh

Manfaat daging ayam untuk kesehatan (Foto : Frepik)

JAKARTA, iNews.id - Memilih menu ayam untuk santapan sehari-hari menjadi pilihan paling mudah. Selain enak dijadikan ayam goreng dan sup, ternyata daging ayam juga memiliki manfaat kesehatan.

Daging ayam memiliki sederet nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ya, daging ayam memiliki kandungan protein, lemak sehat, vitamin dan mineral.

Selain itu, daging ayam memiliki nilai gizi yang tinggi. Terdapat kandungan 168 kalori, 21,8 gram protein, dan 9 gram lemak sehat. Namun, lebih baik dikonsumsi dengan cara di rebus atau di panggang secukupnya. Sebab jika digoreng, daging ayam dapat menimbun minyak dan lemak tak sehat bagi kesehatan.

Bagi pencinta daging ayam, Anda harus mengetahui manfaatnya untuk kesehatan. Dilansir dari Foodndtv, simak yuk lima ulasannya.

1. Sumber protein terbaik

Protein terbuat dari asam amino yang merupakan bahan penyusun otot kita. Ayam dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik yang juga bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara struktur lain dalam tubuh seperti sel dan tulang bersama dengan pemecahan racun.

2. Anti-depresan

Ayam adalah sumber asam amino yang sangat baik yang disebut triptofan yang memberi Anda rasa lega dan nyaman. Makan sedikit kenikmatan ini dapat meningkatkan kadar serotonin di otak Anda, yang selanjutnya meningkatkan suasana hati Anda. Tidak heran, ayam menjadi makanan yang menenangkan bagi banyak orang.

3. Memiliki senyawa melawan penyakit

Ayam adalah sumber selenium yang sangat baik, antioksidan yang dianggap memiliki efek positif pada penyakit degeneratif termasuk penyakit inflamasi , masalah kardiovaskular dan neurologis. Ia juga dikenal untuk melawan radikal bebas yang merusak sel.

4. Mengatur kadar kolesterol

Ayam mengandung vitamin B3 , juga dikenal sebagai niasin, yang bertanggung jawab untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Ini juga terbukti mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

5. Merangsang aktivitas metabolisme tubuh Anda

Kehadiran vitamin B6 atau piridoksin membantu dalam proses metabolisme karbohidrat dan protein. Tanpa vitamin ini, sistem saraf, metabolisme ,dan sistem kekebalan Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Editor : Vien Dimyati