Selain Sake, Simak Deretan Minuman Paling Populer di Asia

Siska Permata Sari ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 21:03 WIB
Selain Sake, Simak Deretan Minuman Paling Populer di Asia

Soju, Korea. (Foto: Worldoffoodanddrink)

JAKARTA, iNews.id - Kawasan Asia sangat terkenal dengan masakan-masakan serta jajanan lezat. Bahkan di sejumlah negara Asia, sangat terkenal dengan makanan-makanan khas yang kaya akan bumbu rempah-rempah, sehingga memberikan citarasa yang tak terlupakan.

Tetapi selain masakan, Asia memiliki daftar minuman pendamping makanan yang sangat populer. Selain sake tentunya, Asia memiliki deretan minuman alkohol yang cukup populer.

Penasaran apa saja? Mari simak deretannya seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (6/1/2019).

Soju, Korea

Soju sangat populer di Korea dan dunia, termasuk Indonesia. Soju ini adalah minuman beralkohol tradisional Korea yang terbuat dari beras. Minuman ini berwarna bening dan memiliki kasar alkohol sebesar 20-45 persen.

Mulanya, soju pertama kali dibuat sekitar tahun 1300 sewaktu orang Mongol berperang melawan orang Korea. Walaupun dulu dibuat dari beras, kini sebagian besar produksi soju Korea menambahkan bahan-bahan seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka.

Maotai, Tiongkok

Maotai adalah minuman keras yang populer di Tiongkok, serta menjadi minuman yang ada di perayaan-perayaan China. Maotai yang berasal dari Dinasti Qing (1644-1912) ini juga menjadi minuman keras Tiongkok pertama yang diproduksi dalam produksi skala besar. Minuman bai jiu ini terbuat dari biji-bijian yang diragikan kemudian disuling.

Mekhong Whiskey, Thailand

Di Thailand, yang terkenal bukan hanya Thai Tea atau teh tarik yang sangat populer juga di Indonesia. Selain Thai Tea, Mekhong juga sangat terkenal di Thailand. Walaupun namanya Mekhong Whiskey (wiski), tetapi minuman ini lebih mirip rum. Mekhong terbuat dari 95 persen tebu dan 5 persen beras. Campuran bahan ini kemudian disuling dan dicampur dengan bumbu, serta rempah-rempah asli demi menghasilkan aroma dan rasa.

Palm Wine, Filipina

Palm wine atau lambanog merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari getah berbagai jenis pohon palem, seperti Palmyra, kurma dan kelapa. Tak hanya terkenal di Filipina, palm wine ini juga memiliki nama-nama lain dari berbagai belahan Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan. Di kawasan Indonesia dan Malaysia, minuman ini disebut sebagai tuak nira.


Editor : Tuty Ocktaviany