Selain Segar Dijadikan Asinan, Kenali Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Vien Dimyati ยท Senin, 29 Juni 2020 - 21:02 WIB
Selain Segar Dijadikan Asinan, Kenali Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Segarnya nanas (Foto : NDTVFood)

JAKARTA, iNews.id - Nanas menjadi salah satu buah yang kerap dijadikan asinan. Selain segar dimakan secara langsung, nanas ternyata memiliki banyak manfaat.

Buah tropis yang mengandung pektin ini memiliki banyak serat. Teksturnya kenyal dan memiliki banyak air. Ingin tahu manfaat nanas bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya dirangkum, Senin (29/6/2020).

Kaya Antioksidan

Selain kaya dengan nutrisi, nanas juga sarat dengan antioksidan sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif. Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Melancarkan pencernaan

Nanas membantu melancarkan pencernaan jika rutin dimakan setiap hari. Anda bisa membuat jus nanas setiap pagi. Nanas bromelain yang membantu proses pencernaan.

Menekan peradangan

Nanas menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Buah kuning tersebut mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Melindungi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat nanas meluas bagi kesehatan jantung karena kandungan serat, kalium, vitamin C dan antioksidannya. Dalam studi, jus nanas memiliki kemampuan kardioprotektif yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan membantu membangun pencernaan dan penyerapan.

Mencegah kanker

Nanas tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan bromelain dalam nanas juga memiliki potensi untuk mencegah beberapa jenis kanker.

Editor : Vien Dimyati