Sering Sakit Gigi, Hindari 4 Makanan Ini

Siska Permata Sari ยท Minggu, 27 September 2020 - 09:31 WIB
Sering Sakit Gigi, Hindari 4 Makanan Ini

Makanan yang harus dihindari saat sakit gigi (Foto:Everyday Health)

JAKARTA, iNews.id - Sakit gigi merupakan kondisi yang sangat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, dari sakit gigi, kadang menimbulkan gangguan lain, seperti sakit kepala.

Selain mengetahui penyebabnya, cara lain untuk meredakan sakit gigi yakni membersihkan sela-sela gigi, berkumur dengan air hangat, berkumur dengan obat kumur, mengompres pipi, atau minum parasetamol pereda nyeri.

Di luar itu, ada cara pencegahan yang perlu Anda lakukan, terutama bagi Anda yang sering sakit gigi atau mempunyai gigi sensitif. Salah satu pencegahannya adalah dengan menghindari makanan-makanan tertentu yang bisa menjadi pemicu sakit gigi.

Apa saja? Simak daftarnya seperti dilansir dari Everyday Health, Minggu (27/9/2020).

Soda

Minuman satu ini memang kerap menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis serta sensasi menggigit di lidah membuat minuman ini mempunyai banyak penggemar. Namun, di balik rasanya yang enak, soda memiliki dua bahan yang dapat mengiritasi saraf gigi yang terpapar, yaitu gula dan asam.

Es krim

Es krim merupakan makanan penutup yang manis dan menyenangkan. Namun, sensasi dingin es krim dan rasa manisnya dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Orang dengan gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel yang berfungsi sebagai pelindung. Jadi, tanpa itu, suhu makanan bisa lebih memperburuk kondisi kesehatan gigi Anda.

Permen

Jika Anda memiliki gigi sensitif, sebaiknya hindari makan permen. Sebab tak hanya manis, permen juga dapat menyebabkan gigi patah atau ompong. Selain itu, permen yang lembut dan lengket juga dapat merangsang saraf di dentin, yang mirip dengan enamel gigi, dan memiliki lubang mikroskopis kecil untuk lebih mengekspos saraf.

Buah yang asam

Nanas, jeruk, lemon, dan jeruk nipis adalah buah yang sangat asam, dan ini tidak bagus pada gigi. Pasalnya, asam dapat membuat gigi Anda lebih sensitif. Tak hanya mengonsumsi langsung, tetapi meminum jusnya saja pun dapat memicu gigi sensitif dan nyeri.

Editor : Vien Dimyati