Setelah Lelah Ikuti Pemilu 2019 Saatnya Menyantap Cumi Goreng Asem

Vien Dimyati ยท Rabu, 17 April 2019 - 18:00 WIB
Setelah Lelah Ikuti Pemilu 2019 Saatnya Menyantap Cumi Goreng Asem

Kelezatan Cumi Goreng Asem (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Setelah lelah seharian bergelut dengan Pemilu 2019, pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga menyaksikan penghitungan suara Pemilu, tentunya perut terasa lapar.

Memilih hidangan seafood untuk makan malam menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda pencinta hidangan seafood. Cumi bisa dimasak dengan berbagai macam variasi, seperti dibakar, gulai, hingga goreng.

Jika Anda ingin mendapatkan menu yang berbeda dari hidangan cumi, cobalah dimasak menjadi cumi goreng asem. Rasa pedas dan asemnya sangat menggugah selera.

Cumi goreng asem ini dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @guniezzt Rabu (17/4/2019).

Bahan :

600 gram cumi

Secukupnya :

Cabai rawit (bila suka pedas)
Asam Jawa
Saus tiram
Garam, gula pasir, dan lada
Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Bersihkan Cumi, buang tinta, bilas, lalu tiriskan. Masukan kepalanya, semat dengan lidi.
2. Remas-remas satu sendok makan asam Jawa dengan 100 ml air, buang ampasnya, lalu tuang dalam wajan. Masukan cumi, masak sampai air menyusut. Tambahkan garam, lada, saus tiram dan gula pasir. Masak sampai mengental, lalu masukan dua sendok makan minyak goreng.
3. Tambahkan cabai rawit bila suka pedas. Masak sampai meletup-letup, saus berkaramel, dan sebelum diangkat tambahkan air jeruk kunci (untuk rasa lebih seger). Koreksi rasa, dan angkat.


Editor : Vien Dimyati