Terlalu Banyak Memberi Garam pada Masakan, Ini Bahaya yang Mengintai

Okezone.com ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:40 WIB
Terlalu Banyak Memberi Garam pada Masakan, Ini Bahaya yang Mengintai

Bahaya konsumsi garam berlebih (Foto : Medical New Today)

JAKARTA, iNews.id - Bumbu dapur yang satu ini menjadi bagian penting di dalam masakan. Tujuannya untuk menambah rasa lezat.

Garam bukan hanya berfungsi sebagai bahan penyedap yang digunakan untuk meningkatkan rasa makanan. Namun juga ada mineral penting untuk mendukung fungsi otot dan saraf yang optimal.

Kebanyakan garam sebenarnya juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda, sebungkus keripik kentang asin cocok disantap sambil menonton acara favorit Anda di akhir pekan.

Namun sejatinya tubuh harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan natrium ekstra itu dari tubuh.

Dilansir dari Times of India, Kamis (13/8/2020), berikut efek samping yang akan terjadi pada tubuh saat Anda mengonsumsi garam dalam jumlah yang terlalu banyak.

1. Tekanan darah tinggi

Mengonsumsi makanan yang kaya garam dapat meningkatkan aliran darah di pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara.

Namun, tidak setiap individu mengalami peningkatan tekanan darah karena hal itu juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetika dan hormon. Orang lanjut usia lebih mungkin mengalami peningkatan tekanan darah setelah mengonsumsi makanan asin.

2. Jantung dan stroke

Jika Anda biasanya menambahkan terlalu banyak garam ke dalam makanan, dalam jangka panjang, hal itu bisa berbahaya bagi jantung Anda. Peningkatan volume darah dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, yang berarti jantung Anda harus bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke

3. Hipernatremia

Anda mungkin ingin minum lebih banyak air karena tenggorokan terasa kering setelah mengonsumsi makanan asin. Ini adalah cara lain tubuh Anda mencoba menyeimbangkan rasio natrium-air.

Minum terlalu banyak cairan dapat membuat Anda lebih sering pergi ke toilet. Di sisi lain, kurangnya asupan air dapat meningkatkan jumlah natrium dalam tubuh yang melewati batas aman, dan mengakibatkan kondisi yang dikenal sebagai hipernatremia.

4. Kembung dan bengkak

Anda mungkin memerhatikan, setelah mengonsumsi makanan asin akan merasa kembung dan bengkak. Ini terjadi karena tubuh mencoba mempertahankan rasio natrium-air tertentu dalam tubuh.

Ketika kita makan garam ekstra, ginjal menahan air ekstra, yang menyebabkan retensi air. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan, terutama pada tangan dan kaki serta membuat Anda merasa tidak nyaman.

Editor : Vien Dimyati