Indhex 2018

Ternyata, Alat Masak Harus Bersertifikat Halal

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 06 November 2018 - 11:05 WIB
Ternyata, Alat Masak Harus Bersertifikat Halal

Alat masak harus berserifikat halal. (Foto: Single Moms Income)

JAKARTA, iNews.id - Sertifikasi halal saat ini mengacu pada empat hal, yaitu makanan, minuman, kosmetik, dan obat-obatan. Ternyata tak hanya itu saja, alat masak pun juga harus bersertifikasi halal.

Kepala Bidang Informasi Halal Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Farid Mahmud mengatakan, peralatan makan seperti kompor, panci teflon, piring, dan gelas wajib bersertifikasi halal.

"Awalnya hanya makanan, minuman, kosmetika dan obat-obatan, tapi barang-barang yang tidak dimakan dan diminum, juga harus bersertifikat halal. Contohnya, sabun cuci dan alat masak," tutur Farid saat ditemui iNews.id di Indonesia International Halal Expo 2018, Pancoran, Jakarta, belum lama ini.

Farid mengaku pernah kecolongan terhadap alat masak yang berbahan teflon. Bahan tersebut terindikasi berasal dari lemak hewan yang haram (babi).

"Banyak yang belum tahu bahan teflon, lapisannya pernah kita teliti dan ternyata berasal dari kulit (maaf) babi. Nah, itu yang kita tidak ingin kecolongan lagi," ucapnya.

Untuk mencegah hal tersebut kembali terulang, pihak LPPOM MUI terus melakukan sidak, baik yang direncanakan maupun tidak. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir oknum-oknum nakal.

"Pasti, kita selalu adakan sidak. Baik dengan alasan tertentu atau bukan," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany