Tips Manfaatkan Teknologi bagi Pengusaha Food and Beverage saat New Normal

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:45 WIB
Tips Manfaatkan Teknologi bagi Pengusaha Food and Beverage saat New Normal

Manfaatkan teknologi untuk bisnis F & B (Foto : RCTIPlus)

JAKARTA, iNews.id - Hampir semua sektor industri di Indonesia mengalami dampak Covid-19, begitupun dengan sektor Food and Beverage (F&B). Salah satu solusi agar pengusaha restoran bisa bertahan di tengah pandemi ini adalah memanfaatkan teknologi.

"Di masa karantina karena pandemi Covid-19 ini, memanfaatkan teknologi sangat membantu pengusaha di bidang F&B," ujar Commissioner ESB Restaurant Technology, Gunawan Woen dalam talkshow di RCTI+, Sabtu (6/6/2020).

Penggunaan teknologi saat ini tak hanya membantu dalam urusan order makanan saja tapi juga hal lain misalnya membantu transaksi pembayaran, membantu sistem manajemen pegawai, pengawasan stock (inventory), hingga perhitungan laba-rugi (akuntansi).

"Kita tak bisa memungkiri kalau beberapa tahun belakangan, teknologi berkembang sangat signifikan. Ruang lingkupnya juga semakin luas di mana awalnya hanya untuk komunikasi, sekarang bisa digunakan untuk bisnis, termasuk restoran," katanya.

Gunawan memberikan sejumlah manfaat menggunakan teknologi di dunia F&B, berikut ulasannya:

1. Penjualan meningkat

Saat ini banyak teknologi point of sale yang menawarkan pembayaran secara mudah misalnya cash register, software komputer, hingga aplikasi mobile. Artinya, teknologi tersebut biasanya didukung dengan laporan penjualan per hari dan dapat menjadi amunisi bagi pebisnis untuk menyiapkan strategi marketing guna meningkatkan penjualan.

2. Mengetahui Loyalitas customer

Hal terpenting dalam bisnis F&B adalah customer. Maka itu, pelayanan terhadap customer haruslah yang terbaik, bila perlu berikan reward kepada customer yang loyal datang ke restoran.

Cara mengetahui loyalitas customer sering datang ke restoran adalah dengan mengecek data pelanggan untuk kemudian direkap transaksinya pada periode waktu tertentu guna mendapatkan data yang valid. Di sini peran teknologi berbicara

3. Ramah lingkungan

Banyak restoran yang belum bisa memanage stok bahan makanan yang diperlukan. Akhirnya, bahan tersebut terbuang sia-sia dan menjadi sampah sehingga tak ramah lingkungan dan over peengeluaran. Maka itu, menggunakan teknologi dipercaya sanggup membantu pemilik restoran dalam memperhitungkan dan memantau jumlah stok bahan pangan.

"Meski penggunaan teknologi cukup berperan dalam kemajuan bisnis F&B Anda, tentu pelayanan dan kualitas makanan yang ditawarkan tetap paling penting. Idealnya, menjalankan bisnis restoran membutuhkan kreativitas, dan teknologi saat ini hanya sebatas meringankan pekerjaan," ujar Gunawan.

Editor : Vien Dimyati