Trik Merebus Pasta yang Benar, Cocok Dimasak selama Ada Wabah Corona

Okezone ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 22:11 WIB
Trik Merebus Pasta yang Benar, Cocok Dimasak selama Ada Wabah Corona

Trik merebus pasta yang benar (Foto : Chookingschoolitaly)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar pasta, Anda perlu memahami cara yang benar untuk merebus pasta. Biasanya olahan pasta cocok disantap pagi ataupun malam hari.

Namun, untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas saat merebus pasta, bisa dibilang gampang-gampang susah. Trik ini bisa Anda lakukan di rumah. Apalagi dalam kondisi ada wabah Corona. Anda bisa berkreasi membuat pasta lezat.

Trik merebus pasta ini cocok untuk pemula. Saat merebus pasta pasti hasilnya sering gagal. Kalaupun Anda mendapat tingkat kematangan yang pas, mungkin rasanya hambar atau malah pasta jadi lengket.

Nah, ada trik sendiri yang harus dipraktikkan saat Anda merebus pasta loh. Dilansir Okezone dari Thedailymeal, Kamis (26/3/2020), berikut ulasannya.

Garam

Memberi sedikit garam pada air rebusan pasta dijamin membuat rasa semakin kuat. Selain itu, garam juga berfungsi mencegah pasta menjadi terlalu licin saat dimasak. Setidaknya tambahkan satu atau dua sendok makan garam, pada 6 liter air.

Diaduk

Agar merebus pasta mendapatkan hasil baik, jangan lupa terus diaduk-aduk. Aduk pasta setiap satu atau dua menit. Cara ini dilakukan agar pasta tidak lengket dan panas air yang dihasilkan juga menyebar rata.

Panci

Jangan pernah gunakan panci kecil saat merebus pasta. Karena pasta yang Anda masak tidak cukup ruang, sehingga akan menempel dan tak berbentuk. Jadi gunakan panci yang sesuai dengan jumlah pasta yang akan dimasak.

Hindari membilas pasta

Setelah diangkat, hindari untuk membilas pasta dengan air mengalir. Cara ini justru akan menghilangkan pati dalam pasta, yang membantu saus untuk lebih menempel di permukaan pasta.

Saus

Tekstur pasta yang bisa dikatakan sempurna adalah yang al dente. Tapi sesempurna al dente yang dihasilkan, tak akan ada artinya jika tenggelam oleh banyaknya saus. Sebaiknya perkirakan jumlah pasta dan jumlah saus yang ditambahkan agar keduanya menyatu sempurna. Selamat mencoba! (Dimas Andhika Fikri).

 


Editor : Vien Dimyati