Hits di Timur Tengah, Cicipi 7 Menu Puasa ala Chef Zouhair Abbad

Vien Dimyati · Jumat, 11 Mei 2018 - 17:43 WIB
Hits di Timur Tengah, Cicipi 7 Menu Puasa ala Chef Zouhair Abbad

Kuliner Timur Tengah (Foto: iNews.id/Vien)

JAKARTA, iNews.id - Pencinta kuliner, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan beraroma rempah-rempah Timur Tengah. Sebut saja seperti hummus, tabouleh, baba ghanoush, moutabel, fish harra souce, fattoush salad, hingga lamb kofta. Sederet menu ini banyak digemari masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mencicipi sederet menu ini, selama Ramadan bisa berkunjung ke Sea Grain Restaurant, DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro. Dilengkapi dengan pemandangan malam Kota Jakarta, Anda dapat menikmati kuliner autentik hidangan khas Lebanon dan Maroko.

Hidangan ini dipersiapkan secara khusus oleh special chef yang diterbangkan dari Hilton Jeddah, Chef Zouhair Abbad. Ingin tahu apa saja menu spesial Timur Tengah ala Chef Zouhair yang dihidangkan di DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro? Berikut rangkuman iNews.id, Jumat (11/5/2018).

Hummus

Makanan berbentuk bubur ini berbahan utama kacang Arab (chickpeas) yang dihaluskan. Bumbu yang dipakai minyak zaitun, air lemon, garam, bawang putih, dan lainnya. Hummus lebih lezat dimakan dengan roti Arab dan sayuran. Cara menikmatinya dengan menyobek sedikit roti, lalu mencocolkannya di Hummus.

Tabouleh

"Di dapur Libanonada banyak macam salad, hummus, moutabel, fattoush, dan lainnya. Namun yang paling tradisional adalah Tabouleh," ujar Chef Zouhair Abbad kepada iNews.id, DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro, Rabu 9 Mei 2018.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tabouleh adalah daun mint, peterseli, bombai, tomat, dan bulgur (gandum sereal). Bulgur sama seperti couscous. Hanya saja bulgur dari Timur Tengah dan couscous dari Maroko.

Baba Ghanoush

Baba ghanoush dibuat dari terung yang dimasak, dicampur bawang, tomat, minyak zaitun, dan berbagai bumbu lain. "Terung yang diblender tidak terlalu halus," kata Chef Zouhair.

Moutabel

Dengan tekstur yang mirip dengan hummus, cocolan berbahan dasar terong ini bercita rasa lebih pedas sebagai pelengkap daging panggang dan roti. "Sama dengan baba ghanoush, moutabel berbahan dasar terung. Hanya saja terungnya diblender halus," katanya.

Fish Harra Souce

Fish harra adalah masakan tradisional lainnya dari Timur Tengah. Kami biasa menggunakan ikan sibas. Tapi bisa juga diganti menggunakan ikan apa saja. Masakan ini menjadi spesial karena dari sausnya. Saus hara adalah spesial dari Timur Tengah," ujar Chef Zauhair.

Menurutnya, saus hara memiliki rasa khas Timur Tengah. Bahan yang digunakan untuk membuat fish harra adalah campuran bubuk lada, bawang putih, daun lada, lemon jus, dan saus tomat. Untuk memasaknya, pertama panggang ikannya. Selama memanggang ikan, di wajan terpisah, masak bawang bombai, bawang putih, bubuk lada, dan lainnya campurkan bersama. Lalu masukkan saus tomat. Terakhir, masukkan bubuk lada dan lemon jus.

Fattoush salad

Fattoush adalah salad yang dibuat dengan sayuran segar dan roti pita panggang. Salad ini mempunyai ciri khas, yaitu bumbu rempah yang beraroma. Beberapa sayuran yang digunakan adalah daun mint, tomat, peterseli, mentimun, dan lainnya.

Lamb Kofta

Ini adalah menu Timur Tengah lainnya yang berbentuk sate. Daging yang digunakan adalah campuran daging kambing. Beberapa bumbu yang dipakai seperti bombai, daun peterseli, bawang putih, jintan, ketumbar, kayu manis, dan lainnya.


Editor : Vien Dimyati