Intip Keindahan Destinasi Daerah lewat Pameran Wisata Budaya Nusantara

Vien Dimyati · Jumat, 11 Mei 2018 - 19:35 WIB

Mengincar destinasi daerah lewat pameran wisata Nusantara (Foto:Ist )

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak keindahan destinasi daerah di Indonesia yang harus dieksplor travaler. Sebut saja Danau Toba, Labuan Bajo, hingga Yogyakarta. Tak kalah dengan luar negeri, destinasi daerah yang ada di Indonesia memiliki keindahan alam menakjubkan.

Melalui pameran pariwisata Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN), traveler daoat melihat berbagai keindahan alam. Ada banyak 70 peserta menampilkan 500 objek wisata.

"Saya memberikan apresiasi pada penyelenggaraan GWBN yang telah memasuki tahun ke-16. Pameran ini dapat mempertemukan kepala dinas pariwisata pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten dari seluruh Indonesia dan pelaku bisnis pariwisata,” kata Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asdep Pemasaran I Regional II Sumarni, ketika membuka pameran GWBN 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (11/5/2018).

Pameran GWBN 2018 berlangsung pada 10-13 Mei 2018 dan diikuti 70 peserta dengan menampilkan 500 objek wisata terdiri atas pariwisata provinsi/kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Para pelaku bisnis pariwisata seperti biro perjalanan, hotel, resor, taman wisata, serta industri penunjang pariwisata lainnya hadir di sini.

Sumarni menjelaskan, pemerintah tahun ini menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air. “Untuk mendukung target tersebut Kemenpar telah menetapkan tiga strategi, yakni Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dengan program hot deals, Calender of Even (CoE) Wonderful Indonesia, dan digital destination,” katanya.

Direktur PT Wahyu Promo Citra, Syukur Sakka, sebagai penyelenggara pameran mengatakan, GWBN merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang menampilkan objek wisata daerah seperti alam, budaya, dan wisata buatan sebagaimana yang telah menjadi program Kemenpar dalam menarik kunjungan wisatawan.

"GWBN dimulai pada 2003 dan dalam perjalanannya hingga kini mengalami pasang-surut. GWBN 2018 diselenggarakan atas dukungan Kemenpar dengan tujuan untuk mensukseskan target 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus,” katanya.

Selama berlangsung pameran, juga diselenggarakan temu bisnis 'Jakarta Asita dan HPI Members Ghatering and Table Top'. Pertemuan ini mempertemukan peserta pameran dengan agen perjalanan wisata dan para pramuwisata sebagai ujung tombak dan mesin penggerak kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari tersebut akan dikunjungi sebanyak 35 ribu pengunjung dari kalangan pemerintahan, swasta, komunitas wisatawan, akademisi, pramuwisata, dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya, sedangkan pada GWBN 2017 yang lalu dikunjungi sebanyak 30 ribu pengunjung.

Penyelenggaraan GWBN 2018 dimeriahkan dengan pameran 50 foto sebagai pemenang satu, dua, dan tiga serta nominasi dalam ajang lomba fotografi Kemilau Indonesia Photo Contest yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pariwisata.

 


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR