Objek Wisata Tertua di Bumi, Batu Death Valley Berusia 1,7 M Tahun

Vien Dimyati · Selasa, 15 Mei 2018 - 16:42 WIB

Indahnya Taman Nasional Death Valley. (Foto: Thisisinsider)

JAKARTA, iNews.id - Berwisata ke objek tertua di bumi menjadi momen paling seru dalam hidup. Sebab, traveler dapat melihat kehidupan masa lampau. Ada banyak peninggalan masa lalu berusia berabad-abad masih kokoh berdiri hingga kini.

Mulai dari permukiman kuno yang terukir di batu Colorado hingga bangunan tertua di Amerika Serikat (AS). Kini, bangunan tersebut digunakan sebagai bar di Louisiana.

Ingin tahu apa saja objek tertua di bumi yang bisa ditelusuri? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Insider, Selasa (15/5/2018).

Alabama: Fort Morgan di Gulf Shores

Benteng bersejarah di Fort Morgan sudah ada sejak 1819. Awalnya, bangunan ini diciptakan untuk pertahanan militer permanen di Gulf Coast of Alabama. Benteng ini dibangun setelah Spanyol meninggalkan teluk Mobile pada April 1813, dan serangan angkatan laut Inggris pada 1814 dan 1815. Benteng Morgan menggantikan Fort Bowyer, benteng konstruksi kayu. Traveler yang ingin berwisata ke benteng ini dapat melakukan tur mengenang perang masa lampau

Alaska: Erskine House di Kodiak

Grigorii Shelikhov mendirikan permukiman Kodiak. Ini merupakan permukiman Rusia pertama di Alaska, didirikan pada 1784. Antara 1805 dan 1808, perusahaannya membangun sekitar 50 bangunan, salah satunya Erskine House. Awal mula bangunan ini adalah gudang dan toko. Sekarang menjadi bangunan tertua di Alaska. Erskine House di Kodiak saat ini menjadi Kodiak Historical Society dan Baranov Museum.

Arizona: Grand Canyon

Ada banyak perdebatan di komunitas geologis tentang berapa usia Grand Canyon sebenarnya. Beberapa teori mengatakan, hampir 70 juta tahun, tetapi jawaban yang paling banyak diterima sekitar enam juta tahun. Terbentang sejauh 277 mil, Grand Canyon sangat besar dan populer berdasarkan National Geographic. Pada 2016, sebanyak 5,9 juta orang mengunjungi taman ini. Grand Canyon menjadi taman nasional kedua yang paling banyak dikunjungi di AS.

Arkansas: Taman Nasional Hot Springs di Hot Springs

Orang Eropa pertama yang mengunjungi Mata Air Panas Arkansas adalah Hernando de Soto pada 1541. Dia adalah penduduk asli Amerika di tempat itu. Namun, penduduk Spanyol dan Prancis mengklaim daerah itu pada pertengahan 1500-an. Mata air tersebut ditetapkan sebagai reservasi federal pada 1832 oleh Presiden Jackson. Untuk pertama kalinya tanah ini dijadikan tempat tujuan rekreasi oleh pemerintah federal.

Satu-satunya cara melihat keindahan kota Hot Springs Arkansas ini adalah mengunjungi ke salah satu tempat pemandian. Kolam paling terbesarnya ada di Bathhouse Row, yaitu The Fordyce, dibangun pada 1915.

California: Taman Nasional Death Valley

Batuan tertua di Death Valley berumur 1,7 miliar tahun. Bebatuan yang lainnya rata-rata berasal dari 500 juta tahun lalu. Selain menjadi salah satu tempat terpanas, kering dan terindah di AS, tempat ini juga terkenal sangat kuno. Death Valley terletak di California Tenggara, sekitar 100 mil sebelah barat Las Vegas. Dante's View adalah titik awal yang baik untuk melihat pemandangan lembah yang menakjubkan.

 


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR