5 Kota Kuno Tertua Dunia, Kunjungi Istana Cliff Terbesar di Colorado

Vien Dimyati · Rabu, 16 Mei 2018 - 06:09 WIB

Istana Cliff terbesar di Colorado. (Foto: Thisisinsider)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke beberapa negara di Amerika belum lengkap tidak mengunjungi Colorado. Tak hanya memiliki puncak pegunungan Rocky, Colorado juga memiliki kota kuno yang tersembunyi di Taman Nasional Mesa Verde.

Di taman nasional ini, traveler dapat melihat istana Cliff, tebing terbesar yang berada di Amerika Utara. Traveler yang suka dengan sejarah, bisa melakukan tur di sini hingga Mei 2018. Tur di kota kuno akan kembali dibuka pada musim panas berikutnya.

Tak hanya Colorado yang memiliki destinasi unik kota tertua di dunia. Beberapa negara lain juga menyimpan banyak sejarah berusia ribuan tahun lalu. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Insider, Rabu (16/5/2018).

Colorado: Istana Cliff di Taman Nasional Mesa Verde

Cliff Palace, kota kuno bertebing yang dibangun oleh Ancestral Puebloans antara 600 dan 1300 Masehi. Hunian ini terletak di Taman Nasional Mesa Verde. Cliff Palace merupakan tebing terbesar yang berada di Amerika Utara. Hunian ini memiliki 150 kamar dan 23 kivas (ruang-ruang cekung yang bundar untuk kepentingan upacara). Istana Cliff ditutup hingga Mei 2018, tetapi kembali dibuka pada liburan musim panas nanti.

Connecticut : Henry Whitfield State Museum di Guilford

umah Menteri Puritan Henry Whitfield dibangun pada 1639. Ini adalah rumah berbatu tertua di Connecticut, New England. Menurut Culture and Tourism, rumah ini menjadi museum pertama. Whitfield adalah pemimpin kelompok Puritan Inggris yang melarikan diri dari Inggris untuk menghindari penganiayaan terkait agama.

Delaware: Historic New Castle

Old New Castle sudah ada sejak 1600, ini menjadi ibu kota Delaware di negara bagian pertama. Banyak bangunan asli dilestarikan. New Castle menjadi situs kedua setelah Williamsburg, Virginia. Bangunannya masih asli dan bersejarah. Anda dapat mengunjungi New Castle Court House Museum, the first court dan state capitol of Delaware. Ini merupakan sederet bangunan tua yang masih berdiri kokoh.

Washington DC: The Old Stone House

The Old Stone House dibangun pada 1765 di tempat yang semula merupakan koloni Maryland. Ini menjadikannya bangunan tertua di DC. George Washington dan Pierre L'Enfant, seorang perencana kota, tinggal di Suter's Tavern (milik John Suter). Saat itu mereka dekat dengan pedagang lokal. Putra Suter, John Jr memiliki toko jam yang akhirnya menjadi Old Stone House. Seiring waktu, kedua John itu bergabung dan Old Stone House dipertahankan sebagai lokasi tempat tinggal Washington.

Florida: St. Augustine

St Agustinus terletak di pantai Atlantik Florida utara. Didirikan pada 1565 oleh para penjelajah Spanyol. Tempat ini menjadikan permukiman Eropa tertua di Amerika Serikat. Ada beberapa situs bersejarah untuk dikunjungi dalam kota, seperti Castillo de San Marcos, benteng abad ke-17 yang didirikan Kekaisaran Spanyol.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR