Megahnya Masjid Charminar India, Ada Terowongan Rahasia yang Misterius

Vien Dimyati ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 09:30 WIB
Megahnya Masjid Charminar India, Ada Terowongan Rahasia yang Misterius

Megahnya Masjid Charminar (Foto: Mvslim)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke India, tentu yang dipikirkan adalah Taj Mahal dan kuliner beraroma rempah. India tidak hanya memiliki Taj Mahal. Jika bergeser ke wilayah selatan-tengah, Anda akan menjumpai Kota Hyderabad. Traveler akan melihat kemegahan The Charminar, masjid empat menara yang fenomenal di India.

Masjid ini dibangun 1591 oleh Muhammad Quli Qutb Shah dan didirikan sebagai monumen pertama Hyderabad. Kota yang berada dekat Sungai Musi dan rumah bagi banyak umat Hindu dan Muslim.

Menurut beberapa mitos, Qutb Shah sebelumnya telah membangun Charminar untuk menghilangkan wabah yang telah lama ada di kota itu, selama masa pemerintahannya. Mitos lain menyatakan, masjid cantik ini didedikasikan untuk membuktikan cintanya kepada sang istri, Bhagyamathi.

Masjid Charminar memiliki struktur mengesankan dengan tinggi 56 meter dan lebar 30 meter. Charminar memiliki empat menara di empat sudut. Setiap menara memiliki panjang 56 meter dan terdiri dari 149 anak tangga untuk mencapai puncak.

Karena dipengaruhi arsitektur Indo-Islam, Charminar memiliki 45 wilayah regional yang tertutup, ini menjadi tempat masyarakat untuk berdoa.

Setiap menara memiliki empat lantai yang dilambangkan dengan empat khalifah dalam sejarah Islam. Masjid ini terbuat dari kapur-semen dan granit, aula Charminar memiliki tiga tingkat, dua galeri, dan area terbuka.

Selain itu, arsitektur Persia ini memiliki pengaruh pada infrastruktur tertentu. Lengkungan dan kubah raksasa mirip dengan arsitektur Islam di Spanyol. The Charminar dirujuk sebagai “Arc de Triomphe of the East.”

Legenda menyatakan, Charminar memiliki terowongan rahasia yang dapat menghubungkan Benteng di Golconda. Terowongan ini untuk melarikan diri jika keluarga kerajaan dalam keadaan darurat. Namun hingga saat ini, terowongan di Charminar diyakini masih menjadi misteri karena tidak pernah ditemukan.

Travelling ke India dan melihat kemegahan Masjid Charminar, traveler dapat pergi ke beberapa pasar yang terletak di dekat menara Charminar. Tempat ini dikenal sebagai Laad Bazaar dan Pathar Gaati. Di sini traveler dapat membeli bermacam-macam barang, termasuk perhiasan dan pernak-pernik.

Fakta lain dari Masjid Charminar adalah semua agama tanpa memandang siapa saja diperbolehkan untuk beribadah dalam masjid ini. Waktu terbaik mengunjungi Charminar adalah malam hari, Anda akan melihat suasana bazar yang penuh warna-warni, orang-orang datang untuk melihat dan berbelanja. Demikian dikutip iNews.id melalui Mvslim, Kamis (17/5/2018).


Editor : Vien Dimyati