Tersembunyi di Gunung Purba Dieng, Intip Pesona Keajaiban Telaga Warna

Vien Dimyati · Kamis, 17 Mei 2018 - 17:00 WIB

Keindahan Telaga Warna Dieng (Foto: Traveldream)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Jawa Tengah, tidak lengkap tanpa mengunjungi dataran tinggi Dieng. Berada di ketinggian gunung purba ini, traveler akan disajikan pemandangan indah dari telaga warna yang penuh misteri.

Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif yang terletak di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Telaga warna merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki luas 39 hektare. Telaga ini terbentuk karena letusan gunung purba Dieng sejak ratusan juta tahun lalu.

Ketika berada di telaga warna, traveler akan disajikan dengan pemandangan indah warna-warni airnya yang suka berubah-ubah. Terkadang memiliki warna biru, hijau, kuning, bahkan berwarna pelangi. Maka itu, tempat ini dinamai telaga warna.

"Pemandangan indah dari air yang berubah warna menanti Anda di Telaga Warna, Dieng. Datang siang hari di dataran tinggi ini, Anda akan menemukan pesona khas Jawa Tengah saat sinar matahari jatuh ke permukaan danau. Ini akan mengungkapkan warna ajaib yang akan membuat Anda tak bisa berkata-kata. Rencanakan perjalanan Anda ke Dieng dan nikmati liburan penuh warna!," tulis Instagram Indtravel, dikutip iNews.id, Kamis (17/5/2018).

Telaga warna berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi pemandangan pegunungan dan pepohonan hijau. Telaga ini bagi masyarakat setempat terkenal misterius. Selain karena perubahan airnya, telaga warna dikaitkan dengan mitos.

Menurut cerita, dulu ada seorang bangsawan yang cincinnya jatuh ke telaga, sehingga tempat ini dapat berubah-ubah warna. Bahkan, ada yang menyatakan telaga ini merupakan tempat para dewi kayangan mandi.

Padahal menurut para peneliti, perubahan air telaga yang kerap berubah warna dikarenakan ketika cahaya memantul dengan endapan belerang di dasar telaga menghasilkan warna-warni cantik.

Traveler yang berwisata ke telaga ini juga dapat menikmati pemandangan lain. Di sini ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi, seperti telag Pengilon, batu ratapan angin, gua semar, gua pengantin, dan lainnya.

Untuk mencapai telaga ini, traveler dapat memasuki kawasan Dieng dan bertemu dengan pertigaan Desa Dieng Kulon dan Dieng Wetan. Pilih jalur kanan arah Desa Dieng Wetan. Tak jauh dari Desa Dieng Wetan jarak sekitar 800 meter, di sana Telaga Warna Dieng berada. Bagaimana, apakah tertarik berkunjung melihat telaga warna Dieng?


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR