Berbuka Puasa dengan Camilan Manis, Pilih Cheesecake Cherry Pie

Vien Dimyati · Kamis, 17 Mei 2018 - 14:42 WIB

Cheesecake cherry untuk berbuka puasa (Foto: The Country Cook)

JAKARTA,iNews.id - Setelah menahan lapar dan haus seharian ketika berpuasa, pasti ingin berbuka dengan makanan yang manis-manis. Cheesecake cherry pie bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda dan keluarga menikmati makanan manis saat berbuka puasa.

Apalagi cheesecake cherry ini disantap saat masih dingin. Anda akan merasakan menyantap cake seperti es krim. Untuk membuatnya tidak sulit, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti buah cherry, tepung maizena, biskuit cokelat dan lainnya.

Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Tasty, Kamis (17/5/2018).

Bahan untuk delapan porsi

Isian Cherry Pie

1 cangkir (200 g) gula
¼ cangkir (30 g) tepung maizena
⅓ gelas (80 mL) air
1 sendok makan jus lemon
40 ceri kaleng (1,1 kg), dikeringkan
1 sendok teh ekstrak almond

Cheesecake

25 biskuit cokelat, hancurkan
6 sendok makan mentega tawar, meleleh
Krim keju 40 oz (1,1 kg)
2 cangkir (400 g) gula
2 sendok teh ekstrak vanili
1 cangkir (240 mL) krim kental
Buah segar untuk dekorasi

Cara Membuat:

1. Masukkan gula dan tepung maizena ke panci besar dan aduk sampai rata. Masukkan air dan jus lemon, aduk. Masak dengan api sedang, aduk sampai gula larut, lalu kecilkan api hingga mendidih berbentuk sirup kental. Masak hingga berubah menjadi keemasan sekitar lima menit.

2. Masukkan ceri dan masak selama dua hingga tiga menit sampai sirup mengental. Matikan api, masukkan ekstrak almond, dan aduk. Sisihkan untuk didinginkan.

3. Pasangkan wadah springform delapan inci (20 cm) dengan bungkus plastik. Pindahkan ceri yang sudah dimasak dalam wadah tersebut dan sebarkan secara merata. Bekukan selama dua hingga tiga jam sampai keras.

4. Masukkan biskuit cokelat yang dihancurkan dan mentega cair dalam mangkuk sedang hingga tercampur dengan baik.

5. Di wadah terpisah, pindahkan campuran biskuit ke wadah springform 10 inci (25 cm). Gunakan spatula atau gelas ukur untuk menekan remah-remah biskuit ke bawah untuk membentuk dasar yang rata. Bekukan selama 10 menit.

6. Dalam mangkuk besar, kocok krim keju, gula, dan ekstrak vanila bersama dengan mixer hingga tercampur. Tambahkan krim kental dan kocok selama dua hingga tiga menit sampai rata dan mengembang.

7. Sebarkan setengah campuran cheesecake di atas kulit kue yang dingin. Bekukan selama 10 menit.

8. Buka bungkus kue ceri dan letakkan di atas lapisan cheesecake. Tutup dengan adonan cheesecake yang tersisa, sebarkan sampai halus di atasnya. Hiasi dengan buah beri segar. Dinginkan di lemari es selama empat jam sebelum mengiris dan menyajikan. Nikmati.

 


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR