Mengintip Keindahan Ujung NTT, Kolam Susu Atambua Melegenda

Vien Dimyati · Jumat, 18 Mei 2018 - 14:00 WIB
Mengintip Keindahan Ujung NTT, Kolam Susu Atambua Melegenda

Kolam Susu Atambua (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke wilayah Indonesia Timur, Anda akan disajikan dengan pemandangan menakjubkan. Tak hanya Raja Ampat yang terkenal di wilayah timur. Banyak destinasi yang bisa dilihat di sana dan melegenda.

Salah satunya Atambua, Ibu Kota Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi traveler.

Belu memiliki banyak pemandangan indah yang dapat dijadikan objek wisata. Mulai dari alam, destinasi budaya hingga tempat bersejarah.

Namun di antara yang menarik di Atambua, kurang lengkap tanpa mengunjungi destinasi kolam susu atau kolam susuk. Banyak wisatawan ke Atambua mengunjungi kolam ini. Tak hanya berwisata, mereka juga menyempatkan untuk memancing.

Kolam susuk atau kolam nyamuk ini memiliki banyak cerita legenda yang dikenal masyarakat. Menurut cerita, pada zaman dulu ada tujuh bidadari singgah untuk membersihkan diri di kolam susuk ini. Bidadari tersebut utusan Raja Lifao dari Oecusse. Raja Lifao sengaja mengirim nyamuk untuk mengganggu bidadari saat tertidur.

Karena gangguan tersebut, para bidadari akhirnya tetap terjaga sehingga tidak dimangsa oleh pembantu raja. Karena legenda itu, kemudian masyarakat menamakan Kolam Susuk yang artinya sarang nyamuk. Kolam Susuk memiliki pemandangan menakjubkan memiliki air yang jernih. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik dengan destinasi ini.

"Kolam Susu merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi saat ke Atambua, Nusa Tenggara Timur," tulis Instagram Kemenpar, dikutip iNews.id, Jumat (18/5/2018).

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke kolam ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari Atambua. Kolam Susu terletak di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, NTT.

 


Editor : Vien Dimyati