Mudik ke Pacitan, Eksplor Pantai Banyu Tibo yang Eksotis

Vien Dimyati · Senin, 11 Juni 2018 - 09:30 WIB

Pantai Banyu Tibo (Foto: Steemitimages)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pencinta pantai, mudik libur Lebaran tahun ini dapat dimanfaatkan untuk mengeksplor beberapa pantai di Indonesia. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Bayu Tibo di Pacitan, Jawa Timur.

Tak kalah dengan Bali, Pantai Banyu Tibo memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Traveler akan menemukan pemandangan pantai yang jarang ditemui, yaitu fenomena alam berupa air terjun yang langsung jatuh ke pantai.

Ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke pantai Banyu Tibo. Pemandangan seperti ini tidak bisa Anda jumpai di setiap pantai. Nama Banyu Tibo berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air yang terjatuh. Nama ini berasal dari air terjun yang berada di pantai tersebut. Air terjun ini menjadi ikon bagi Pantai Pacitan Banyu Tibo.

Traveler akan mendapatkan pemandangan pantai bertemu dengan indahnya air terjun pegunungan. "Wisata pantai memang terhampar luas di Pacitan, sehingga sahabat harus menentukan terlebih dahulu pantai mana yang akan kunjungi. Jika sahabat menginginkan pantai sekaligus air terjun maka Banyu Tibo salah satunya. Pantai Banyu Tibo memang sangat eksotis dan tergolong masih alami. Di musim hujan debit air terjun Banyu Tibo akan semakin meningkat sebaliknya di musim kemarau akan menurun, tetapi jauh lebih jernih. Ditambah pula warga sekitar yang ramah-tamah membuat pantai ini semakin benyak pengunjung. Tiket masuk Rp5000 saja. Selamat berkunjung," tulis Instagram @indoflashlightJatimID, dikutip Senin (11/6/2018).

Untuk menuju Pantai Banyu Tibo, Anda dapat pergi mengunjungi Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Bagian selatan dari Pacitan. Rute yang dipilih dapat bervariasi. Lokasi pantai ini berada sekitar 40 km dari pusat Kota Pacitan ke arah barat. Dapat ditempuh dengan kendaraan prbadi selama satu jam. Bagaimana, apakah Anda berminat wisata ke Pantai Banyu Tibo Pacitan?

 


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR