Tembak di Tempat Pembakar Lahan di Kalteng, Dansatgas: Tunggu Komando

Ade Sata ยท Sabtu, 25 Agustus 2018 - 08:59 WIB
Tembak di Tempat Pembakar Lahan di Kalteng, Dansatgas: Tunggu Komando

TNI dan Polri saat menangani persoalan karhutla di sejumlah wilayah di Provinsi Kalteng. (Foto: iNews/Ade Sata)

PALANGKARAYA, iNews.id – Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kian parah meski masih dapat diatasi. Namun tak menutup kemungkinan, tindakan tegas akan diberlakukan bagi pelaku pembakaran lahan.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Kalteng Kolonel Inf Harnoto mengatakan, untuk saat ini dia belum menerima perintah tembak di tempat bagi pelaku yang kedapatan membakar lahan. Namun jika kondisi kebakaran kian masif tindakan itu akan menjadi bahan pertimbangan.

“Kami tunggu petunjuk atasan, hingga saat ini belum ada komando untuk tindakan itu (tembak di tempat),” kata Harnoto, Sabtu (25/8/2018).


BACA JUGA:

BNPB Kerahkan 10 Helikopter Water Bombing dan Hujan Buatan di Kalbar

4 Orang Tewas dan Ribuan Warga Terkena ISPA akibat Karhutla di Kalbar


Dia mengungkapkan, meski kebakaran karhutla kian parah, namun titik lahan yang terbakar masih di spot-spot tertentu. Tugas satgas karhutla saat ini, selain memadamkan api juga terus melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan di musim kemarau.

“Kami terus imbau agar warga tidak mengulangi dan mambakar lahan karena akan menimbulkan dampak negatif,” ucapnya.

Jika karhutla semakin parah, tidak menutup kemungkinan perintah tembak di tempat akan diberlakukan dengan berkoordinasi bersama kepolisian dan menunggu petunjuk pimpinan. “Kami terus koordinasi dengan Polri untuk penanganan masalah karhutla ini,” tuturnya.

Diketahui, kebakaran lahan gambut di wilayah Palangkaraya dan sejumlah kabupaten di Provinsi Kalteng diduga ada faktor kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuka areal perkebunan, perumahan dan tempat usaha lain.


Editor : Donald Karouw