Lebaran, Nikmatnya Menyantap Sate Lilit Ayam Khas Bali

Vien Dimyati · Kamis, 14 Juni 2018 - 16:00 WIB
Lebaran, Nikmatnya Menyantap Sate Lilit Ayam Khas Bali

Sate lilit ayam khas Bali (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Rendang, opor ayam, dan ketupat sayur menjadi menu yang kerap disajikan ketika Lebaran tiba. Namun, jika ingin menyajikan menu yang berbeda pada momen Idul Fitri 1439 ini, tidak ada salahnya menyajikan sate lilit ayam khas Bali.

Untuk membuatnya sangat mudah, Anda hanya memerlukan beberapa bahan seperti dada ayam, bawang merah, bawang putih, sereh, dan lainnya. Sate lilit ayam yang disajikan di meja makan akan menambah semarak menu Lebaran di rumah. Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui @tutiputu, Kamis (14/6/2018).

Bahan Sate Lilit ayam untuk 30-40 tusuk

500 gr filet dada ayam
40 batang sereh
5 lembar daun jeruk, cincang halus
1 bks royco ayam
1/2 st garam
2 st gula pasir
Minyak secukupnya untuk menumis.
Bumbu halus
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 bh cabai merah kriting
1 st terasi
2 ruas jari kunyi
2 ruas jari laos muda
1 ruas jari jahe
3 buah kencur
1/2 st lada bubuk

Cara Memasak:

1. Siangi sereh, buang beberapa helai kulit luar sampai bertemu bagian bersihnya. Buang ujung-ujungnya. Buat batang sepanjang jengkal ibu jari dan jari tengah. Sisihkan.

2. Tumis bumbu sampai harum, angkat. Sisihkan.

3. Cincang daging filet sampai halus. Masukkan bumbu tumis, garam, royco, gula pasir dan daun jeruk. Aduk sampai rata. Koreksi rasa. Ambil sesendok adonan, panggang di teflon. Diamkan adonan di kulkas selama 30 menit.

4. Ambil adonan 1 sdm. Kepal-kepal pada ujung sereh. Panaskan gril antilengket. Panggang sambil sesekali di balik-balik. Biasanya kalau sudah matang satenya akan keluar minyak dan berubah warna. Angkat Sajikan dengan sambal matah.

 


Editor : Vien Dimyati