Mudik ke Malang, Incar Oleh-Oleh Minuman Buah Khas Kota Batu

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 14 Juni 2018 - 19:20 WIB
Mudik ke Malang, Incar Oleh-Oleh Minuman Buah Khas Kota Batu

Oleh-Oleh khas Malang (Foto: Ist)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Rasanya ada yang kurang jika melakukan tradisi mudik atau sekadar berlibur ke suatu daerah, tidak membeli oleh-oleh. Misalnya mudik dan berwisata ke daerah Jawa Timur, tepatnya di Batu, Malang.

Selain memiliki suhu sejuk, Malang juga terkenal dengan makanan ringan dan kerajinan tangan yang berbahan dasar buah-buahan. Sebut saja buah apel yang banyak dimanfaatkan warga Batu untuk dijadikan keripik, dodol, manisan hingga minuman kesehatan (Sari Apel).

Sari Apel adalah oleh-oleh yang paling banyak dibeli wisatawan jika berkunjung ke Kota Batu. Minuman yang dikemas mirip air mineral kemasan gelas ini harganya cukup terjangkau. Untuk satu box yang berisi 20 gelas dibanderol hanya Rp15.000. Jika Anda ingin membeli dalam jumlah banyak, tentu ada diskon spesial.

Meskipun harganya murah, banyak kandungan yang terdapat dalam minuman ini, bermanfaat bagi tubuh. Selain untuk menghilangkan haus, Sari Apel memiliki serat tinggi untuk mengurangi kolesterol, mengurangi risiko kanker usus besar, melancarkan pencernaan dan menghancurkan lemak dalam tubuh.

Minuman ini banyak dijumpai di kios-kios sepanjang jalan Diponegoro dan sekitar alun-alun Batu. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri, iNews.id akan berikan tips untuk membuatnya.

1. Beli apel yang berjenis Granny Smith, apel asam yang berukuran sedang/kecil dan renyah, berwarna hijau. Banyak dijual di pasar tradisional atau modern. Belilah secukupnya.

2. Bersihkan apel secara menyeluruh. Potong setiap bagian yang memar atau rusak, dan hilangkan batang. Untuk membuat sari buah, tidak dianjurkan untuk menggunakan buah yang jelek.

3. Bagi masing-masing apel menjadi empat bagian. Biarkan kulitnya menempel untuk memberikan warna, citarasa, dan nutrisi yang akan dikeluarkan saat proses pengolahan.

4. Haluskan potongan apel. Gunakan blender atau food processor, dan haluskan sampai apel memiliki konsistensi atau kekentalan seperti saus apel.

5. Saring ampas apel. Peras bubur apel melalui kain tipis, saring sebanyak mungkin sarinya. Jika Anda memiliki saringan atau chinois (saringan berbentuk kerucut) berlubang halus, Anda bisa menggunakan bagian belakang sendok untuk menekan ampas dan mengalirkan lebih banyak sari apel.

6. Setelah disaring, maka siap untuk dihidangkan tanpa harus menambahkan gula maupun essensial lainnya. Agar tahan lama, simpan di dalam lemari es, tak lebih dari dua minggu.


Editor : Vien Dimyati