Mendaki Gunung Eksotis di Garut, Berburu Spot Instagramable Papandayan

Vien Dimyati ยท Minggu, 08 Juli 2018 - 09:20 WIB
Mendaki Gunung Eksotis di Garut, Berburu Spot Instagramable Papandayan

Menikmati keindahan pemandangan Gunung Papandayan (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pencinta alam yang menyukai hobi mendaki, pasti sudah familiar dengan Gunung Papandayan Garut, Jawa Barat. Pesona alam dan keindahan Gunung Papandayan jangan sampai terlewatkan untuk dijelajahi.

Gunung Papandayan merupakan salah satu kawasan wisata alam di Kota Garut yang berlokasi di Karamat Wangi. Gunung ini tidak hanya menjadi pemilik para pendaki. Anda yang tidak mahir mendaki juga bisa menjelajahi gunung ini. Tentunya dengan para pemandu yang berpengalaman.

Mendaki gunung ini, traveler tak hanya dapat menikmati keindahan alamnya saja. Ketika mendaki, Anda akan banyak menemukan spot-spot Instagramable yang dapat diabadikan di kamera handphone. Salah satu spot yang dapat dipilih adalah berfoto di antara pepohonan kering yang terlihat eksotis.

"Entah Anda adalah pendaki gunung yang rajin seperti @mistersuu atau pelancong biasa, Anda bisa pergi ke Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat untuk menikmati pemandangan panorama yang menawan dari batang pohon kering di hutan yang mati. Jelajahi jalan untuk petualangan seumur hidup!," tulis Instagram @best_indonesia_photos dikutip iNews.id, Minggu (8/7/2018).

Spot keren lainnya adalah mengincar sunrise dengan panorama alam menakjubkan. Latar belakang puncak gunung dan berfoto di kawah, serta hamparan bunga edelweiss juga dapat menjadi spot keren. Masih banyak spot lain yang terlihat indah selama perjalanan mendaki.

Seluruh kawasan kawah yang dilintasi menuju puncak Papandayan adalah kawah bekas letusan Gunung Papandayan purba. Kini yang tersisa adalah hamparan kawah Papandayan. Bebatuan putih kekuningan menghiasi gunung ini. Tebing-tebing yang terbentuk akibat letusan menghasilkan bebatuan unik dan indah.

Traveler yang mendaki Papandayan jangan lewatkan untuk mengunjungi hutan mati dan kawah. Vegetasi khas gunung tubuh di Papandayan. Akibat letusan 11 November 2002 silam telah membentuk hutan mati yang khas. Hutan inilah yang kerap diincar traveler untuk berburu spot foto menarik.

Traveler yang ingin berkunjung ke Gunung Papandayan dapat mengambil rute dari berbagai arah, seperti Cirebon, Jakarta, Bogor, dan Bandung. Letak gunung ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut. Traveler dapat menuju Cisurupan yang memiliki rute ke arah Pasar Santolo.


Editor : Vien Dimyati