Pencinta Kopi, Yuk Intip Para Barista Beraksi di Hotelex Indonesia

Vien Dimyati ยท Jumat, 06 Juli 2018 - 19:54 WIB
Pencinta Kopi, Yuk Intip Para Barista Beraksi di Hotelex Indonesia

Profesi barista kini banyak diminati. (Foto: Zetizen)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa tahun belakangan, tren orang minum kopi sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Tidak heran jika banyak berdiri kedai kopi yang menyajikan kopi terbaiknya. Kopi terbaik akan terasa nikmat di tangan para barista profesional. Kini, profesi barista pun menjadi incaran banyak orang.

Lantas, seperti apa gaya barista memainkan mesinnya dalam menciptakan kopi yang nikmat?

Bagi penggemar kopi dan ingin melihat barista Tanah Air beraksi, sebaiknya Anda berkunjung ke JI-Expo Kemayoran Jakarta, 18-20 Juli 2018. Tak hanya ada pameran food terbesar, di sini juga berlangsung peluncuran edisi pertama Hotelex Indonesia untuk mencari bakat barista terbaik.

Wiwiek Roberto, Project Director of PT Pamerindo Indonesia mengatakan, akan ada kompetisi Indonesia Brewers Cup 2018 (IBRC 2018), Indonesia Latte Art Championship (ILAC 2018), dan Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC). 

"Kompetisi ini menampilkan 24 peserta yang bersaing untuk menjadi pemenang dan mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia, Brasil pada November 2018," ujar Wiwiek Roberto, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Di sini, Anda akan melihat barista beraksi menampilkan free pour style dan decorative style, yaitu seni menuang latte yang menampilkan desain menarik baik dengan cara free pour maupun dengan etching.

Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) Syafrudin mengatakan, di sini barista akan adu cepat dan tepat dalam mengidentifikasi kopi secara blind test.

"Atribut rasa dan aroma kopi memang menjadi pembeda kopi origin satu dengan lainnya, namun harus didukung dengan penginderaan yang tepat untuk bisa mendiferesiasi kopi cepat," kata Syafrudin.

Perlu diketahui, penyenggaraan Hotelex Indonesia menyambut lebih dari 12.000 peserta dari pemasok makanan, industri hotel restoran, dan kafe domestik-internasional, hotel, pemilik restoran, manajerial, chef, serta asosiasi pemerintah dan perdagangan.


Editor : Tuty Ocktaviany