Berenang dengan Ikan di Umbul Ponggok, Kolam Alami Mirip Akuarium

Vien Dimyati ยท Sabtu, 07 Juli 2018 - 14:20 WIB
Berenang dengan Ikan di Umbul Ponggok, Kolam Alami Mirip Akuarium

Wisata Umbul Ponggok, Klaten (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke berbagai tempat seru di Indonesia menjadi momen seru yang dapat dilakukan wisatawan. Ada banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Salah satu objek wisata air yang harus Anda kunjungi adalah Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta. Berada di sini, traveler akan diajak melihat ikan warna-warni di dasar kolam. Traveler dapat snorkeling di kolam seluas 50 meter x 25 meter. Mirip akuarium raksasa, traveler dapat berenang melihat ikan, terumbu karang, dan lainnya seperti snorkeling di laut.

"Umbul Ponggok merupakan tempat wisata air/underwater yang sempat populer pada 2017 dan kini semakin diminati wisatawan karena semakin upgrade Spot underwaternya. Selain itu sahabat dapat bermain dengan ikan-ikan cantik bak di akuarium raksasa yang begitu jernih. Tiket masuk Rp.15.000/orang - Semua usia. Tidak termasuk alat underwater. Sewa alat khusus di video ini Rp150.000/20 menit sudah termasuk include Foto dan Video langsung. Namun, bagi sahabat yang ingin berenang saja tanpa menyewa alat diperbolehkan. Selamat berkunjung," tulis Instagram @indoflashlight dikutip Sabtu (7/7/2018).

Air yang ada di Umbul Ponggok berasal dari sumber mata air alami yang segar dan jernih. Kolam ini merupakan peninggalan zaman Belanda dan memiliki kedalaman 1,5-2,6 meter. Berenang di sini, traveler akan merasakan berada di lautan lepas, sebab dasar kolam Umbul Ponggok adalah hamparan pasir dan bebatuan yang mirip karang.

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkeling, bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak, tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang.

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00–17.00 WIB.

Masuk ke Umbul Ponggok wisatawan harus membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling, namun tidak membawa peralatan jangan khawatir. Sebab, pengelola juga menyewakan alat untuk berenang.

 


Editor : Vien Dimyati