Intip Momen Menakjubkan Melihat Letusan Gunung Agung dari Pantai Amed

Vien Dimyati · Sabtu, 07 Juli 2018 - 17:05 WIB

Momen menakjubkan melihat Gunung Agung dari Pantai Amed (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pulau Bali memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi. Travelling ke Bali, tak hanya dapat menikmati pantai saja. Ada beberapa gunung di Bali memiliki keindahan yang memesona, sebut saja Gunung Agung, Abang, Batur dan lainnya.

Gunung Agung saat ini sedang menjadi pembicaraan internasional, sebab gunung tertinggi di Bali (3.031 mdpl) ini sedang aktif-aktifnya mengalami erupsi bearkali-kali. Meski mengalami erupsi, hal tersebut tidak membuat wisatawan asing berhenti mengunjungi Pulau Dewata ini.

Momen menakjubkan melihat keindahan Gunung Agung saat erupsi dapat dilihat dari Pantai Amed yang berlokasi di Karangasam atau 40 km dari Gunung Agung. Terlihat dua wisatawan asing duduk dengan santai di pinggir Pantai Amed. Sambil menyalakan api unggun, dua wisatawan ini menikmati pemandangan Gunung Agung yang sedang mengeluarkan semburan lahar dan awan panas.

"Letusan gunung berapi dari Mt. Agung memberikan pemandangan langka yang bisa dilihat dari jauh di langit yang cerah. @asssontherun menghabiskan malam di pantai Amed, 40 km dari Gunung Agung dan menyaksikan bagaimana gunung ini memuntahkan abu beberapa hari yang lalu. Apakah Anda pernah ke pantai Amed sebelumnya?" tulis Instagram @best_indonesia_photos, dikutip Sabtu (7/7/2018).

Gunung terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Pura Besakih yang merupakan salah satu Pura terpenting di Bali, terletak di lereng gunung ini.

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan dalam. Kadang-kadang Gunung Agung mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini tampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Bagi sebagian wisatawan, nama Pantai Amed mungkin belum banyak dikenal. Padahal, Pantai Amed merupakan salah satu pantai eksotis. Ini merupakan surga bagi penggila snorkeling dan diving. Kecantikan bawah laut pantai ini tidak kalah menawan. Keunikan Pantai Amed lainnya adalah memiliki pasir berwarna kehitaman, berbeda dengan pasir di pantai lainnya di Bali.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR