Lagi Menginap di Hotel? Ini Barang-Barang yang Tak Boleh Dibawa Pulang

Okezone.com · Senin, 09 Juli 2018 - 14:01 WIB

Pastikan Anda tidak membawa barang-barang dari hotel sebelum check out. (Foto: Hotel Morgana)

JAKARTA, iNews.id – Terkadang ada niat ingin membawa barang-barang tertentu saat Anda menginap di sebuah hotel. Namun, ada beberapa barang ternyata tidak boleh dibawa pulang. Apa sajakah?

Menurut Sophia Money-Coutss, ada beberapa barang yang sangat dilarang dibawa pulang setelah Anda check-out dari hotel dan kadang Anda tidak menyadari hal ini. Menurut survei terbaru, satu dari setiap 10 tamu hotel mencuri setidaknya satu barang dari kamar mereka.

"Jadi, saat mendekati musim liburan, saya telah berkonsultasi dengan beberapa orang di hotel tentang apa yang Anda bisa atau tidak bisa ambil dari hotel," kata Sophia, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (9/7/2018).

Terdengar sepele, bukan? Tapi, ternyata masih banyak tamu hotel yang nekad mengambil barang di dalam hotel. Padahal, barang tersebut bagian penting dari hotel tersebut. 

Kalau sudah begini, jalur hukum tentunya bakal Anda lalui di musim liburan yang menyenangkan ini. Mau?

Nah, untuk memberikan pencerahan pada Anda, berikut beberapa barang di hotel yang boleh Anda bawa pulang.

1. Perlengkapan Mandi

Mungkin sudah banyak dari Anda yang mengambil peralatan mandi hotel untuk dibawa pulang. Sebut saja sabun, sampo, conditioner, atau pasta gigi. Nah, barang-barang ini boleh Anda bawa pulang, karena pihak hotel menggantinya setiap hari dan peralatan mandi ini disiapkan dalam bentuk yang kecil. Jadi, bukan masalah jika diambil.

Tapi perlu Anda sadari, ketika hotel menempatkan peralatan mandi dalam wadah yang besar, ini yang kemudian tidak boleh diambil. Di beberapa hotel seperti Hotel Soho House, mereka menyediakan perlengkapan mandi dalam wadah yang besar untuk meminimalisir penggunaan botol plastik. Berani bawa pulang, siap-siap saja datang tagihan untuk mengganti barang tersebut.

2. Sandal

Bagaimana dengan barang yang satu ini? "Benar-benar boleh," kata Sean Davoren, kepala pelayan di The Savoy. "Kami tidak pernah menggunakan kembali sandal, sehingga barang itu adalah milikmu dan bisa dibawa pulang," katanya.

Menjadi hal yang menyenangkan jika sandal yang disediakan pihak hotel lucu atau ada hal menarik yang diberikan. Misalnya saja, sandalnya berbahan kulit atau memiliki desain yang menarik. Tapi, hal ini memang jarang dan lagi pula sudah dapat gratis, kan?

3. Payung

Barang ini pasti Anda bingung boleh diambil atau tidak. David Young, kepala concierge di Brown's Hotel di Mayfair mengatakan, pihak hotel tidak akan mengenakan biaya untuk payung karena itu sama dengan sandal. "Dan itu adalah pemasaran yang cukup bagus," katanya.

Ada alasan khusus yang dijelaskan David mengenai payung ini. Menurut dia, jika tamu hotel mengambil payung dan mereka mengenakannya di tempat lain atau di kota lain, itu merupakan pemasaran terselubung yang tentunya membawa dampak baik untuk pihak hotel. Hal ini karena tulisan di payung tersebut pasti akan dibaca orang banyak.

4. Buah

Jika Anda check in di suatu tempat mewah dan diberi semangkuk buah, jarang ragu untuk memasukan beberapa buah tersebut ke tas atau koper Anda. Hal ini dijelaskan bukan pelanggaran hukum dan semua buah adalah milik Anda.

5. Alat Tulis

Menurut David Young di Brown, mengambil memo dan pena bermerek membantu mempromosikan nama hotel di tempat lain. Di hotel-hotel super mewah, seperti The Savoy, ketika check-in, Anda akan menemukan kertas catatan hotel di meja dengan nama Anda tercetak di atasnya dan menjelaskan bahwa Anda 'tinggal' di hotel itu. Mau dibawa pulang? Silahkan.

Sementara itu, barang-barang apa saja yang dilarang dibawa pulang?

1. Bantal

Dalam beberapa tahun terakhir, hotel-hotel cerdas telah menaikkan standar linen dan tirai kamar mandi mereka. Bahkan, beberapa dari hotel mewah menyediakan pilihan bantal apa yang mau Anda pakai.

Akibatnya di salah satu hotel London tertentu, ada banyak pencurian bantal sehingga mereka mulai mengirimkan catatan kepada tamu seperti, "Kami senang Anda sangat menyukai bantal kami, silakan cari lampiran faktur setelahnya."

Jika Anda suka tempat tidur, tanyakan saja pihak hotel di mana mereka mendapatkan batal dan kasur yang dipakai. Jangan khawatir, pihak hotel akan dengan senang hati memberitahunya. Lebih baik bertanya dibandingkan hari mengambilnya dari orang lain, bukan?

 2. Topi

 "Topi bowler di suite Charlie Chaplin kami terus hilang dalam beberapa waktu," kata Sean Davoren di The Savoy. Kemudian di The Berkeley Hotel di Knightsbridge, topi penjaga pintu itu selalu lenyap dalam seminggu. 

"Kami sering menemukan kasus bahwa topi yang seharusnya tidak diambil malah dibawa pergi tamu hotel. Kalau sudah begini, biasanya tim hotel akan mengejar tamu tersebut dan memintanya untuk membayar harga topi tersebut," kata seorang sumber.

3. Kitab Suci

Beberapa hotel menyediakan kitab suci. Hal yang keliru ketika Anda ingin membawa pulang Alquran atau Alkitab yang disediakan di kamar hotel Anda. Pasalnya, pihak hotel menyediakan kitab suci untuk memberikan layanan kelengkapan religi yang mungkin Anda tidak bawa selama perjalanan. Berani mengambilnya? Karma buruk akan mengintai!

4. Baterai dari Remote TV

Masalah yang begitu meluas dan beberapa hotel sekarang menempatkan panel kontrol jarak jauh, sehingga baterai tidak dapat dibawa pulang. Baterai menjadi incaran tamu hotel karena sulitnya menemukan baterai di wilayah tersebut dan tamu hotel membutuhkannya untuk keperluan dia selama perjalanan atau wisata di lokasi itu.

5. Tisu Toilet

Siapa yang tertarik membawa tisu toilet? Jika Anda salah satunya, maka keinginan itu tidak akan terealisasi. Sebab, tisu toilet disediakan khusus untuk digunakan hanya di hotel. Jika ketahuan Anda membawa tisu hotel, maka tagihan tambahan setelah check-out akan menghantui Anda. Demikian dimuat Okezone.com.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR