Tersembunyi di Gresik, Yuk Kunjungi Bukit Jamur yang Lagi Kekinian

Vien Dimyati ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 13:01 WIB
Tersembunyi di Gresik, Yuk Kunjungi Bukit Jamur yang Lagi Kekinian

Wisata Bukit Jamur Gresik (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai kota yang terletak di Jawa Timur, Gresik memiliki banyak destinasi alam yang memesona. Mulai dari pantai, air terjun, pegunungan, dan lainnya mampu memikat wisatawan lokal dan asing.

Namun, ada satu destinasi wisata yang harus dikunjungi traveler ketika travelling ke Gresik, yaitu Bukit Jamur. Bukit yang berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik ini memiliki bebatuan yang berbentuk seperti jamur raksasa.

Bebatuan ini mengalami abrasi selama bertahun-tahun, sehingga bagian-bagiannya terkikis dan membentuk seperti tumbuhan spora. Dulunya bukit Jamur disebut sebagai Bukit Dakar. Tapi seiringnya waktu orang lebih mengenal tempat ini sebagai Bukit Jamur.

"Bukit Jamur merupakan wisata baru dan unik yang ada di Kabupaten Gresik. Spot yang satu ini juga sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kabar gembiranya adalah, spot wisata Bukit Jamur ini telah masuk ke Nominasi Wisata Baru Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018," tulis Instagram @gresiktourism, dikutip Selasa (10/7/2018).

Berada di sini, traveler akan merasakan seperti di negeri liliput. Karena Anda akan terlihat seperti kurcaci yang dikelilingi dengan jamur raksasa.

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke sini hanya untuk berswafoto. Jangan lupa membawa payung atau topi, karena suhu di bukit ini terasa panas.

Menurut cerita, Bukit Jamur dulunya adalah bekas lokasi pertambangan. Tidak ada tarif resmi untuk memasuki kawasan ini. Jadi, Anda dapat melakukan foto sepuasnya di Bukit Jamur. Bukit Jamur ini adalah bukit kapur. Bebatuan kapur yang menyerupai jamur ini di Indonesia ada dua, yaitu Gresik dan Kalimantan.

Untuk mencapai tempat ini, traveler dapat melewati jalur Pantura Gresik, setelah itu melewati jembatan Sungai Bengawan Solo Sembayat. Anda akan menemukan pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini, Anda ambil arah kiri hingga bertemu dengan pertambangan Bukit Kapur.


Editor : Vien Dimyati