Bernostalgia dengan Camilan Jadul, Kue Carang Mas yang Crunchy

Vien Dimyati ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 14:05 WIB
Bernostalgia dengan Camilan Jadul, Kue Carang Mas yang Crunchy

Kue Carang Mas (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Carang mas, camilan jadul yang memiliki tekstur crunchy ini semakin sulit ditemui di pasar-pasar. Carang mas merupakan salah satu kuliner Nusantara yang tidak banyak diketahui oleh anak-anak kekinian. Padahal, camilan ini tidak kalah lezatnya dengan camilan yang kekinian.

Memiliki rasa manis dan garing, kue carang mas juga sehat. Karena bahan dasar kue ini terbuat dari ubi jalar. "Zaman belum ada camilan kekinian ala crunchy bar, zaman dulu kita dah punya yang crunchy juga. Namanya Carang Mas, entah di tempat lain namanya apa. Masih adakah yang jual? Sepertinya cuma ada di toko oleh-oleh ya. Tadi mak Frida bikin, sekalian ngenalin jajanan jadul ke anak-anak mak Frida, ya ampuuuuuun doyan banget mereka. Hari ini kita nostalgiaaaa," tulis Instagram @fridajoincoffee, dikutip Selasa (10/7/2018).

Untuk membuat camilan jadul ini tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tersedia di warung-warung. Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasannya.

Bahan:

1 kg ubi jalar
15 sdm gula pasir
1 ltr minyak goreng
1 sdm garam
Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Kupas ubi jalar, lalu serut memanjang.
2. Rendam dengan larutan air garam selama 15-30 menit, tujuannya supaya warnanya tidak menghitam dan rasa ubi jadi gurih asin.
3. Tiriskan hingga ubi benar-benar kering.
4. Siapkan wajan besar. Tuang 500 ml minyak goreng, panaskan dengan api kecil.
5. Masukkan tiga sdm gula pasir ke dalam minyak panas, aduk-aduk hingga gula mencair seluruhnya dan berwarna kecoklatan.
6. Masukkan dua genggang ubi serut dalam minyak goreng yang sudah bercampur gula pasir. Aduk rata.
7. Goreng hingga ubi jalar matang dan kering.
8. Segera angkat dan selagi masih panas cetak dengan cetakan, (bisa pakai measuring cup Oxone). Lakukan segera karena cepat sekali mengeras.
9. Susun di atas cooling rack hingga mengering dan mengeras.
10. Simpan dalam toples.

Catatan:

1. Total proses menggorengnya lima kali goreng. Tidak langsung sekaligus satu kg ubi digoreng. Satu kali menggoreng butuh 500 ml minyak goreng, tiga sdm gula pasir, dan dua genggam ubi serut.
2. Begitu satu kali proses goreng selesai, ubi serut segera dicetak, supaya nempel karamelnya.
3. Proses goreng kedua, minyak tidak usah diganti. Proses selanjutnya sama, masukkan tiga sdm gula pasir dan ubi serut. Gorengnya dengan sabar, sampai kering, tapi jangan gosong, api kecil saja.


Editor : Vien Dimyati