Eksplor Banyuwangi, Wisata Pura Beji Ananthaboga Tersembunyi di Hutan

Vien Dimyati ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 09:20 WIB
Eksplor Banyuwangi, Wisata Pura Beji Ananthaboga Tersembunyi di Hutan

Wisata Pura Beji Ananthaboga (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa tahun belakangan ini, pariwisata Banyuwangi, Jawa timur sedang menjadi pembicaraan di kalangan traveler. Ada banyak destinasi menarik yang dapat dikunjungi di Banyuwangi. Salah satu destinasi yang lagi hits di kalangan traveler adalah Pura Beji Ananthaboga. Pura Hindu ini menjadi salah satu tujuan wisata religi di Glenmore Banyuwangi.

Letaknya tersembunyi di tengah hutan pinus dan termasuk dalam wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Perhutani Glenmore. Tepatnya di perbatasan Dusun Selorejo, Desa Kaligondo.

Pura Ananthaboga merupakan situs budaya sekaligus tempat beribadah umat Hindu. Di sini terdapat mata air Beji yang biasa dipakai untuk ritual ruwatan.

"Mencoba mengexplore Banyuwangi selatan tepatnya di wilayah Kecamatan Glenmore. Tersembunyi destinasi wisata yang sangat sejuk dan penuh keunikan dan sangat rekomended untuk dikunjungi. Pura Beji Ananthaboga namanya. Adalah sebuah pura dan petirtaan yang terletak di lereng Gunung Raung serta menempati wilayah Perhutani KPH Banyuwangi Barat seluas 3 hektare. Letaknya di dusun Selorejo, kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Destinasi unik ini diselimuti hamparan hutan pinus yang hijau dan sejuk. Terdapat tempat ibadah lintas agama yang menjadi satu lokasi, menggambarkan kerukunan antar umat beragama di Indonesia," tulis Instagram @GenpiBanyuwangi, dikutip Rabu (11/7/2018).

Bagi traveler yang butuh ketenangan dan kenyamanan, Pura Ananthaboga cocok untuk dikunjungi. Tempat ritual ini sangat sejuk dan asri. Di sini Anda serasa berada di Bali. Sebab selain situs Hindu, Anda juga akan menemukan patung Dewi Kwam Im dan patung Bunda Maria, serta sebuah musala.

Di samping suguhan pemandangan alam yang menakjukan dengan nuansa pura, di sini traveler dapat berendam di kolam pemandian Umbul Pule. Anda dapat bersantai di sini sambil berendam. Jika ingin mengeksplor tempat lainnya, Anda juga dapat menelusuri gua kecil yang memiliki pemandangan indah yang mirip dengan taman buatan di Jepang. Letak gua ini hanya berjarak satu kilometer dari Pura Ananthaboga.

Traveler yang tertarik untuk mengeksplor Pura Ananthaboga, Anda dapat menuju tempat ini dari berbagai rute dari Kecamatan Genteng atau Jalan Raya Jember menuju Glenmore.

 


Editor : Vien Dimyati