Mengintip Gua Kelelawar Lombok Usia Ratusan Tahun yang Terlihat Mistis

Vien Dimyati ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 15:08 WIB
Mengintip Gua Kelelawar Lombok Usia Ratusan Tahun yang Terlihat Mistis

Destinasi Gua Kelelawar. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lengkap tanpa mengunjungi berbagai destinasi pantainya yang indah. Namun jika ingin menjelajahi destinasi wisata yang berbeda di Lombok, traveler dapat mengunjungi gua yang unik di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Di sini ada Gua Bangkang atau Gua Kelelawar yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Berbeda dengan gua lain pada umumnya, Gua Bangkang memiliki pemandangan indah dan unik. Namun, Gua Bangkang terlihat mistis karena dihuni oleh ribuan kelelawar. Jika berada di sini, bau menyengat kotoran kelelawar akan tercium.

"Bersiaplah untuk memasuki gua kelelawar! Bersiaplah untuk pertunjukan spektakuler di dalam Gua Bangkang yang mistis, di Lombok Nusa Tenggara Barat. Kapan terakhir kali Anda melihat pemandangan magis seperti ini?," tulis Instagram @best_indonesia_photos, dikutip Rabu (11/6/2018).

Banyak traveler yang datang ke gua ini untuk berfoto selfie di antara bebatuan alam yang unik. Waktu terbaik untuk mengunjungi gua ini adalah menjelang sunset agar Anda dapat menyaksikan ribuan kelelawar keluar dari gua. Tapi sebelumnya, Anda harus mempersiapkan perlengkapan untuk melindungi tubuh, misalnya membawa payung atau penutup kepala agar tak terkena kotoran.

Gua Bangkang terdiri atas bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas terdapat pintu gua yang besar dan indah. Bebatuan warna coklat kehitaman melapisi dinding-dinding gua. Sementara pintu bagian bawah lebih kecil. Suasana dalam Gua Bangkang sepi dan hening tak heran jika gua ini terlihat mistis.

Gua Bangkang sebelumnya belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Namun, beberapa waktu lalu Gua Bangkang menjadi terkenal sejak seorang wisatawan asing meng-upload fotonya yang keren sedang berada dalam gua. Cahaya indah dari lubang-lubang gua membentuk sebuah cahaya unik.

Bagi traveler yang penasaran dengan gua ini, Anda dapat menemukannya ketika melintas di antara Pantai Kuta Lombok dan Pantai Are Guling. Jika sudah berada di Desa Prabu, Anda dapat bertanya pada warga sekitar karena petunjuk resmi menuju gua ini belum ada. Bagaimana, apa Anda tertarik berkunjung ke Gua Bangkang Lombok?


Editor : Tuty Ocktaviany