Bosan Pancake Pakai Keju, Ganti dengan Mangga yang Lebih Segar

Vien Dimyati · Rabu, 11 Juli 2018 - 15:38 WIB

Lezatnya pancake mangga. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Memilih pancake sebagai dessert hari ini menjadi pilihan tepat. Rasanya yang manis dan gurih digemari banyak orang. Biasanya orang menyajikan pancake untuk sarapan pagi. Tapi kini, pancake dapat dimakan kapan saja.

Pancake memiliki berbagai macam rasa. Pancake yang paling digemari adalah rasa cokelat, vanila, keju, atau stroberi. Jika bosan dengan pancake rasa tersebut, Anda dapat menggantinya dengan mangga yang lebih terasa segar.

Anda tidak perlu membeli pancake di restoran atau toko-toko kue. Di rumah, Anda juga dapat menikmati pancake lezat ala restoran. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit. Anda hanya membutuhkan tepung terigu, susu, manga, dan lainnya.

Lantas, seperti apa resep dan cara membuatnya? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Instagram @doctordailykitchen, Rabu (11/7/2018).

Bahan (untuk 15 pcs):

15 sdm tepung terigu (owner segitiga biru)
500 ml susu ultra full cream
3 telur ayam
1,5 sdm mentega, cairkan
Pewarna makanan warna oranye secukupnya
1 bungkus whipping cream instan
5 buah mangga gincu

Cara Membuat:

1. Kocok menggunakan mixer campuran terigu, susu, telur, mentega yang sudah dicairkan dan pewarna makanan sampai tercampur. Kemudian adonan disaring.

2. Panaskan wajan dengan api yang sangat kecil. Dan olesi dengan mentega sedikit saja. Setelah wajan panas masukan adonan sedikit.

3. Putarkan wajan agar adonan merata. Lalu tunggu permukaan adonan kering, kemudian cungkil bagian pinggirnya, secara perlahan balikan adonan sebentar dan angkat.

4. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

5. Membuat whipping cream sesuai cara yang tertera pada cara pembuatan.

6. Kupas buah mangga dan potong memanjang.

7. Ambil kulit pancake kemudian masukan whipping cream sedikit, simpan mangga di atasnya dan tambahkan lagi whipping cream, kemudian lipat kulit pancake.

8. Pancake mangga siap dihidangkan.

Note: Hati-hati saat membuat kulit pancake, jangan sampai kulit kecoklatan. Cukup adonan tidak basah saja saat membalikkan adonan, karena sangat mudah sobek.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR