Sedapnya Pizza ala Rumahan Dipanggang dengan Oven

Vien Dimyati · Rabu, 11 Juli 2018 - 21:02 WIB

Lezatnya pizza panggang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pizza, hidangan tradisional khas Italia ini sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Roti berbentuk bundar dan pipih ini memiliki rasa yang lezat. Apalagi jika ditambah dengan toping daging sapi, sayuran, dan saus tomat. Rasanya makin menggugah selera.

Jika saat ini Anda ingin mencicipi pizza, tak perlu membeli di restoran. Anda dapat membuat pizza sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Cara membuatnya juga tak sulit, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, dan beberapa toping.

Lantas, seperti apa resep dan cara membuatnya? Berikut ulasan iNews.id seperti dikutip melalui Instagram @riskajuliannaa, Rabu (11/7/2018).

Bahan:

270 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
3 sdt gula pasir
1 sdt ragi instan
100 ml air hangat
15 gr mentega

Toping:  Rekomendasi saus barbeque, bawang bombai, keju quick melt, parsley atau sesuai selera.

Cara Membuat:

1. Campur air hangat dan satu sdt gula pasir aduk rata lalu tambahkan ragi instan, aduk, tunggu hingga berbusa, sisihkan.

2. Dalam bowl campurkan terigu, garam, sisa gula pasir, aduk rata lalu tambahkan air larutan ragi, uleni sebentar, tambahkan mentega, uleni hingga kalis elastis. Tutup bowl dengan plastik wrap/serbet selama satu jam sampai mengembang.

3. Kempiskan adonan lalu pipihkan di loyang bulat yang sebelumnya sudah dioles mentega dan ditaburi terigu. Lalu tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu, beri toping sesuai selera.

4. Panggang dioven dengan api sedang cenderung kecil selama 45 menit hingga satu jam atau sampai matang, sesuaikan dengan oven masing-masing.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR