Mengintip Keindahan Sungai Hijau Kampar yang Terbentuk karena Lumut

Vien Dimyati ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 06:43 WIB
Mengintip Keindahan Sungai Hijau Kampar yang Terbentuk karena Lumut

Sungai Hijau Kampar sering dikunjungi wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke destinasi wisata alam, belum lengkap tanpa mengunjungi Riau. Ada banyak destinasi menakjubkan di Riau yang menampilkan pesona alam. Salah satunya, Sungai Hijau Kampar di Desa Salo, Riau.

Tidak seperti kebanyakan sungai-sungai di Indonesia. Sungai Hijau Kampar di Riau memiliki pemandangan berbeda. Sejauh mata memandang, traveler hanya dapat melihat air sungai hijau yang menakjubkan.

Tempat ini diberi nama Sungai Hijau bukan karena warna airnya yang hijau, tetapi pohon-pohon dan aliran sungai yang tampak kehijauan dan bening hasil dari penampakan lumut dan ganggang di dalam air.

Sungai Hijau Kampar adalah sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan dipenuhi batu-batu kecil di sepanjang dasarnya. Kejernihan air ini membuat batu-batu di dasarnya mudah dilihat. Lumut yang tumbuh di sebagian batu-batu kecil dan rumput air yang tumbuh di pinggir sungai, membuat semakin terlihat berwarna hijau.

"Hijau semuakan? Biasanya kalau sudah lampu hijau, itu tandanya disuruh jalan terus. Hahaa, kalau alam yang hijau, itu tandanya kita disuruh melanjutkan hidup lebih baik dengan cara menjaga ciptaan-Nya," tulis Instagram @genpiRiau, dikutip Kamis (12/7/2018).

"Sungai Hijau berlokasi di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Sungai ini diberi nama Sungai Hijau bukan karena air sungainya yang hijau. Tapi, karena pohon-pohon dan aliran sungai yang tampak kehijauan dan bening hasil dari penampakan lumut dan ganggang di dalam air."

Jika tertarik menjelajahi Sungai Hijau Kampar, Anda dapat berwisata ke sini dengan keluarga. Destinasi wisata ini merupakan tempat pemandian yang dibuka untuk umum. Ada dua bagian sungai di sini, bagian dangkal dan dalam.

Jika sudah puas asyik bermain di sini, traveler juga dapat berburu foto dengan pemandangan alam di sini yang serba hijau. Sungai Hijau Kampar ini memiliki empat taman pemandian. Jadi, traveler dapat memilih spot-spot Instagramable di sini.

Untuk sampai ke objek wisata ini tidak sulit. Dari Pekanbaru, Anda hanya butuh waktu sekitar satu jam perjalanan. Pengunjung tidak perlu bingung mencari di mana Sungai Hijau berada, karena lokasinya persis di pinggir Jalan Lingkar Luar Bangkinang. Di sana terdapat papan nama Sungai Hijau.


Editor : Tuty Ocktaviany