Tugu Ayam Balenggek, Tempat Nongkrong Asyik di Tanah Minang

Vien Dimyati ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 13:10 WIB
Tugu Ayam Balenggek, Tempat Nongkrong Asyik di Tanah Minang

Tugu Ayam Balenggek (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Destinasi wisata di Kabupaten Solok, Sumatera Barat saat ini sedang tumbuh berkembang. Ada banyak destinasi menarik yang ditawarkan di sini. Jika Anda ingin travelling ke Tanah Minang, jangan lewatkan untuk singgah ke Taman Arusoka, Solok.

Taman Arosuko saat ini banyak diincar traveler untuk berswafoto, terutama berfoto di bawah Tugu Ayam Balenggek. Tugu ini menjadi daerah wisata baru yang menggoda banyak wisatawan.

Ayam balenggek merupakan hewan khas Solok yang mampu berkokok dengan mengeluarkan suara yang sangat indah. Berada di Taman Arosuka, Anda akan melihat berbagai bunga tertata dengan rapi dan indah. Suasana hijau menghiasi taman kota yang sejuk ini.

"Bila ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tugu ini. Namanya Tugu Ayam Kokok Balenggek. Tugu ini menjadi salah satu ikon objek wisata yang berlokasi di jalan lintas Solok-Padang km 24 Arosuka. Tugu berada persis di segi tiga persimpangan rumah dinas bupati dan komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Solok," tulis Instagram, @GenpiSumbar, dikutip Kamis (12/7/2018).

"Tugu ini dekat dengan Taman Arosuka yang menjadi tempat nongkrong sekaligus rest area bagi para pengendara atau wisatawan. Di kawasan ini terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Nah, kenapa yah kok ayam jadi ikonnya? Menurut ceritanya, Ayam Kukuak Balenggek ini adalah ayam endemik Sumatera Barat yang memiliki suara kokokan merdu dan bertingkat-tingkat. Ayam ini hanya ada di Kecamatan Payung Sakaki dan Tigo Lurah, Kabupaten Solok. Kemudian sejak 1996 ditetapkan sebagai maskot daerah ini."

Jika melihat Tugu Ayam Balenggek, Anda akan melihat ayam yang sekilas sama dengan ayam lokal pada umumnya. Tapi jika diperhatikan dengan saksama, ayam balenggek memiliki bentuk tubuh yang lebih bagus.

Konon ceritanya, ayam balenggek ini berasal dari keturunan ayam kinantan milik Cindua Mato yang mengawini ayam hutan di Bukit Sirayuah, Kecamatan Payung Sekaki dan berkembang biak hingga sekarang.

Anda tidak akan sulit menemukan Tugu Ayam Balenggek. Dari Kota Padang, Anda cukup mengambil rute menuju Padang-Solok. Jika sampai di Kota Arosuka, Anda akan mudah menemukan lokasi taman yang berada di pinggir jalan.


Editor : Vien Dimyati