Indahnya Curug Sawer di Pandeglang, Gua Bawah Airnya Terkenal Mistis

Vien Dimyati ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 09:10 WIB
Indahnya Curug Sawer di Pandeglang, Gua Bawah Airnya Terkenal Mistis

Keindahan Curug Sawer di Pandeglang (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona Pandeglang Banten tidak lepas dengan keindahan pantainya yang memesona. Namun bagi traveler yang memutuskan untuk berwisata ke wilayah paling Barat Pulau Jawa ini, tidak ada salahnya mengunjungi Curug Sawer Cigeulis.

Curug ini memiliki pemandangan yang indah. Berada di sini, Anda tidak akan menyangka objek wisata ini berada di pinggiran Kota Jakarta. Memiliki dua aliran air terjun, Curug Sawer memiliki pancuran air yang unik, mirip dengan air hujan. Ini yang menyebabkan tempat ini dinamakan Curug Sawer.

Dua aliran air Curug Sawer di bagian bawah dinamakan Curug Bikang yang memiliki ketinggian tujuh meter. Aliran di bagian atas dinamakan Lalakina memiliki tinggi 25 meter.

Di bagian bawah permukaan air Curug Bikang terdapat gua bawah air yang panjangnya mencapai delapan kilometer. Aliran air ini berujung di daerah Muara Daerah Babakan Nangka.

"Curug Sawer terdiri dari dua air terjun, satu bernama Curug Lalakina di bagian atas dengan ketinggiannya sekitar 25 m, sedangkan yang berada di bagian bawah adalah Curug Bikang yang ketinggiannya mencapai 7 meter. Airnya bersumber dari pegunungan yang melewati perkampungan terlebih dahulu. Curug ini terletak di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten," tulis Instagram @GenpiBanten, dikutip Jumat (13/7/2018).

"Kecamatan Cigeulis merupakan salah satu bagian dari wilayah administratif Kabupaten Pandeglang, yang letak sangat strategis dengan kawasan Tanjung Lesung. Jarak tempuh dari pusat kecamatan dengan berjalan kaki kurang lebih 20 menit, Anda akan melewati pepohonan yang rindang dan jalan menurun dengan pemandangan hamparan sawah yang indah. Sesampainya di sana Anda bisa melihat curug yang luar biasa dengan bebatuan unik berada di sekitarnya yang tidak bakalan ditemukan di tempat lain. Selamat berwisata."

Curug Sawer memiliki keindahan tersendiri, namun dibalik keindahan tersebut terdapat cerita mistis. Gua Bawah Air yang berada di Curug Bikang ternyata menyimpan cerita tradisional. Konon katanya, di bawah gua ini terdapat buaya putih. Buaya ini menjaga keperawanan Curug Bikang dari pengaruh ulah manusia.

Bahkan, di bagian Curug Atas atau Lalakin kerap dijadikan tempat untuk bersemedi. Cerita tradisional inilah yang menjadi salah satu daya pikat Curug Sawer. Meski memiliki cerita mistis, tidak sedikit wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk menikmati sejuknya aliran air Curug Sawer.


Editor : Vien Dimyati