5 Taman Air Terlantar di Dunia, Ada Kisah Sedih di Balik Keindahannya

Vien Dimyati ยท Rabu, 08 Agustus 2018 - 13:56 WIB
5 Taman Air Terlantar di Dunia, Ada Kisah Sedih di Balik Keindahannya

Taman Hoy Thuy Tien di Hue, Vietnam. (Foto: Thisisinsider)

JAKARTA, iNews.id - Water Park atau taman air menjadi objek wisata pilihan yang dapat dikunjungi ketika musim panas tiba. Bermain di taman air menjadi cara asyik untuk menghabiskan waktu berlibur Anda.

Ada banyak taman air terkenal di dunia yang dapat dikunjungi dan terlihat menarik. Namun, ada beberapa taman air yang kini terlantar dan memiliki kisah sedih di balik keindahannya.

Mulai dari taman air Danau Dolores di Newberry Springs, California, hingga Aquaria Park di Ravenna, Italia. Sederet taman air ini ditinggalkan begitu saja.

Ingin tahu seperti apa penampakan taman air yang terlantar di dunia? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Insider, Rabu (7/8/2018).

1. Danau Dolores Waterpark di Newberry Springs, California, Amerika Serikat

Taman Air Danau Dolores, yang terletak di luar Interstate 15 di Gurun Mojave, dibangun pada awal 1960-an oleh seorang pengusaha lokal untuk keluarganya. Taman ini dinamai sesuai dengan nama istrinya. Wahana dan atraksi di taman ini makin bertambah selama bertahun-tahun. Pada awal 1970-an, tempat ini menjadi taman air yang populer untuk masyarakat umum. Kemudian pengunjungnya menurun akhir 1980-an dan taman air ini ditutup.

Namun pada 1998, taman air ini dibuka kembali sebagai taman air dengan gaya 1950-an yang disebut Rock-A-Hoola. Sayangnya, taman ini berumur pendek karena terjadi kecelakaan. Warisan taman air ini masih berdiri kokoh, bahkan dijadikan tempat syuting film.

2. Hoy Thuy Tien di Hue, Vietnam

Hoy Thuy Tien adalah salah satu taman air terlantar yang paling terkenal di dunia. Bahkan, para backpacker yang travelling ke Vietnam telah mempopulerkannya sebagai tujuan wisata yang harus dikunjungi. Taman air ini menelan biaya 3 juta dolar Amerika Serikat (AS), dibuka pada 2004 sebelum konstruksi selesai. Sayangnya, taman ini tutup beberapa tahun kemudian.

3. Ebenezer Floppen Slopper's Wonderful Water Slides di Oakbrook Terrace, Illinois, Amerika Serikat

Ketika Ebenezer Floppen Slopper's Wonderful Water Slides dibuka awal 1980-an, taman ini menyediakan wahana mendebarkan untuk anak-anak. Tapi sayangnya, harus ditutup pada 1989 karena alasan yang tidak diketahui. Tempat terlantar ini sekarang terlihat banyak timbunan sampah dan berakar.

4. Sungai Disney Country di Lake Buena Vista, Florida, Amerika Serikat

River Country, Walt Disney merupakan taman air pertama di dunia, dibuka pada 1976. Bersama dengan Discovery Island. Ini adalah salah satu dari dua taman Disney yang ditutup secara permanen. Taman air yang dulu berkembang, ditutup untuk selamanya pada 2001 (setelah terjadi beberapa kecelakaan yang menyebabkan kematian dan dampak pariwisata 9/11). Tempat ini telah dibanjiri dengan gulma dan lumut sejak penutupan. Meskipun statusnya sudah tidak digunakan lagi, tempat ini menjadi daya tarik bagi para penjelajah dan fotografer yang ingin tahu lebih dalam tentang taman ini.

5. L'Aquatic Paradis di Sitges, Spanyol

Terletak di wilayah Catalonia Spanyol, L'Aquatic Paradis dibuka pada awal 1990-an. Setelah dua tahun, sebuah kecelakaan tragis terjadi. Rumor mengatakan seorang anak tenggelam tertarik mesin ombak. Rumor lainnya, taman air ini memiliki banyak utang. Setelah ditutup, taman yang membusuk ini menjadi pusat budaya. Sementara seniman grafiti membuat taman air ini menjadi berwarna-warni di tiap slide dan bangunan. Bahkan, kolam kosong dijadikan tempat berlatih skater.


Editor : Tuty Ocktaviany