Eksplor Pariwisata, Bandung Tuan Rumah Perdana Festival Pesona Lokal

Yogi Pasha · Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:53 WIB
Eksplor Pariwisata, Bandung Tuan Rumah Perdana Festival Pesona Lokal

Area Head Adira Insurance Supriyanto, Kepala Wilayah Area Jawa Barat Adira Finance Insan Ansari dan Regional Sales Manager Jawa Barat Taufik Abdurrahman memperkenalkan acara Festival Pesona Lokal. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan terus menggenjot potensi wisata lokal di Tanah Air. Melalui konsep digital destination tourism dan nomadic tourism, PT Adira Dinamika Multi Rinance Tbk (Adira Finance) bakal menggelar Festival Pesona Lokal di sembilan daerah bersama iNews dan Kemenpar.

Head Area Jabar PT Adira Finance Insan Ansari mengatakan, Festival Pesona Lokal merupakan persembahan PT Adira Finance dalam menyambut HUT ke-28 yang akan berlangsung pada 13 November mendatang. Sebagai komitmen perusahaan, PT Adira Finance bakal memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dengan mengadakan Festival Pesona Lokal.

Insan mengungkapkan, kegiatan yang digulirkan dalam program corporate social responsibility (CSR) ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan. Namun untuk tahun ini, PT Adira Finance bakal menggelar Festival Pesona Lokal bersama Kemenpar dan iNews di sembilan kota di Indonesia.

Menurut dia, Festival Pesona Lokal bakal dimulai di Kota Bandung pada 2 September. Acara ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi budaya, kuliner, dan seni lokal dalam bidang pariwisata.

"Kami berharap Festival Pesona Lokal ini bisa menjadi ajang yang baik bagi Adira Finance dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai potensi wisata lokal yang mampu menarik kunjungan wisatawan di daerah," kata Insan dalam acara jumpa pers di Gubuk Mang Engking, Kota Bandung, Kamis (9/8/2018).

Insan menjelaskan, Festival Pesona Lokal bakal berlangsung di sembilan kota di Indonesia, mulai 2 September hingga 11 November. Acara dimulai dari Kota Bandung, Solo, Malang, Bali, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang, dan Jakarta.

"Bandung menjadi kota pertama dan sebagai daerah pembuka kegiatan kegiatan ini dan akan ditutup di Jakarta pada 11 November nanti. Tentunya, kami akan memberikan yang terbaik untuk memperkenalkan potensi budaya lokal di Jabar," ujar dia.

Insan mengungkapkan, Festival Pesona Lokal di Kota Bandung nanti akan menampilkan sejumlah atraksi kebudyaaan dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Pergelaran seni budaya ini diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan, khususnya asal seni dan budaya tersebut berasal. Tidak hanya seni dan budaya, Festival Pesona Lokal ini juga akan menggelar sejumlah lomba, di antara UMKM, lukis mural, dan memasak.

"Ada lomba kreasi makanan daerah, yakni seblak. Makanan ini merupakan hasil kreativitas orang-orang Bandung. Nanti, ada juri yang kompeten di tingkat nasional untuk menilai makanan yang peserta sajikan," kata dia.

Sementara itu, Manager Sales Adira Finance Area Jabar Taufik Abdurahman mengatakan, kegiatan ini akan mengekspos potensi lokal di setiap daerah. Dengan adanya informasi menarik mengenai potensi kekayaan kebudayaan, kuliner, seni, dan sektor pariwisata lainnya diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri.

"Festival Pesona Lokal merupakan salah satu bentuk atraksi yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi daerah. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan," kata dia.


Editor : Tuty Ocktaviany