Pesona Krakatau dan Pantai Krui Bikin Turis Ingin Wisata ke Lampung

Vien Dimyati · Sabtu, 11 Agustus 2018 - 18:12 WIB
Pesona Krakatau dan Pantai Krui Bikin Turis Ingin Wisata ke Lampung

Wisata Lampung (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Berjarak dekat dengan Jakarta, Lampung memiliki pesona tersendiri dalam hal pariwisata. Bahkan ada dua ikon pariwisata yang menjadi andalan Lampung dalam mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman), yaitu Gunung Krakatau dan Pantai Krui.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Lampung merupakan provinsi kedua di Indonesia, setelah Sulawesi Utara, yang memiliki pertumbuhan wisman tertinggi mencapai 58 persen. Pesona alam Lampung, khususnya dua ikonik yaitu Krakatau dan Krui ikut mendorong peningkatan jumlah wisman yang tahun ini ditargetkan 275.000 kunjungan wisman.

“Kunjungan wisman pada 2016 sebanyak 155.053, pada 2017 meningkat menjadi 245.372 kunjungan. Melonjaknya kunjungan wisman tersebut antara lain karena dipicu oleh dua ikon pariwisata yang mendunia yaitu Gunung Krakatau dan Pantai Krui sebagai world class surfing destination,” kata Menpar Arief Yahya, melalui keterangan resmi yang diterima, Sabtu (11/8/2019).

Menpar Arief Yahya mengatakan, Lampung memiliki empat daerah yang potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi dengan atraksi unggulan berkelas dunia (world class), yaitu Kab. Pesisir Barat (Pantai Tanjung Setia atraksi lumba-lumba, Krui sebagai surfing kelas dunia, dan Air Terjun Way Karang), Kota Bandar Lampung (Taman Bumi Kedaton, Taman Wisata, Water Park, dan Atraksi gajah), Kab. Lampung Barat (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dengan atraksi orangutan, air terjun, dan danau), dan Kab. Lampung Selatan (atraksi Gunung Krakatau).

Seperti diketahui Lampung tahun ini memiliki 53 event atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan 2017 sebanyak 31 event. Dari 53 event yang digelar, satu event yakni Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 yang masuk dalam Top 100 CoE Nasional akan digelar di dua lokasi yaitu Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 24-26 Agustus 2018 dengan menargetkan pengunjung 30 ribu wisatawan (5.000 wisman dan 25.000 wisnus).

Selain itu, Lampung juga memiliki lima event unggulan yaitu Krui Surf Fest (15 – 20 April), Festival Teluk Stabas (16 April), Festival Skala Brak (10 - 12 Juli), Festival Way Kambas (10 – 22 November), dan Festival Pahawang (minggu ke-4 November). Dari penyelenggaraan event tersebut diharapkan kunjungan wisatawan ke Lampung meningkat sehingga target kunjungan 275 ribu wisman dan 12 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun ini tercapai.

Menurut Menpar Arief Yahya, tekad Lampung yang ingin menjadikan Bandar Udara Raden Inten II sebagai bandara internasional sangat tepat karena 80 persen wisman yang datang menggunakan moda transportasi udara, sehingga harus memiliki bandara internasional.

“Fasilitas Bandara Raden Inten II cukup memadai untuk menjadi bandara internasional. Jika Gubernur dan Pemprov committed, tahun ini bisa! Kemenpar akan membantu dengan subsidi untuk beberapa penerbangan internasional pertama ke Lampung,” kata Menpar Arief Yahya.


Editor : Vien Dimyati