Wisata Tapanuli, Kunjungi Danau Siais sambil Mengintip Ikan Keramat

Vien Dimyati ยท Senin, 13 Agustus 2018 - 12:31 WIB
Wisata Tapanuli, Kunjungi Danau Siais sambil Mengintip Ikan Keramat

Danau Siais jadi destinasi favorit bagi wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat indah yang dapat dieksplor wisatawan ketika berwisata ke Tapanuli. Pemandangan alam hingga pengunungannya akan membuat siapa saja, termasuk wisatawan takjub. Apalagi jika Anda bergeser ke Tapanuli Selatan. Di sini terdapat Danau Siais yang terlihat tenang dan indah. Danau ini dihiasi dengan tanaman cantik berwarna-warni.

Bisa dikatakan, Danau Siais adalah adiknya Danau Toba. Danau Siais memiliki luas 4.500 hektare. Memiliki pesona yang tak kalah indah dari Danau Toba, danau ini belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Danau Siais berada di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, berjarak sekitar 40 km dari Kota Padang Sidempuan melalui Batang Toru. Danau ini terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba.

"Danau yang masih alami ini memiliki air biru sejuk dengan luas 4.500 hektare dan dihuni banyak jenis Ikan, terutama Ikan Jurung. Menurut kepercayaan dan tradisi, masyarakat dilarang menangkap ikan di tempat ini terutama Ikan Jurung jika tidak ingin terkena musibah. Terlepas dari kepercayaan tersebut menurut pendapat IF tradisi itu sangatlah baik guna melestarikan ekosistem di danau ini. Danau Siais juga ditumbuhi tumbuhan rawa-rawa dan memiliki kekayaan bukit di sekitarnya serta beraneka tumbuhan yang menawan jika terlebih dipandang dari jauh, sungguh ciptaan Tuhan sangatlah indah," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip iNews.id, Senin (13/8/2018).

Berada di Danau Siais, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan hutan luas yang mengelilingi danau. Danau Siais kerap dijadikan sebagai Bumi Perkemahan Pramuka di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Menariknya, traveler yang singgah ke sini akan dimanjakan dengan air danau yang jernih. Bahkan jika beruntung Anda dapat melihat ikan Jurung yang dikeramatkan oleh warga sekitar.

Ikan jurung adalah ikan keramat yang ada di Desa Rianiate dan sudah ada sejak puluhan tahun. Ikan ini berasal dari sungai kecil yang bermuara ke Danau Siais.

Ikan jurung dikeramatkan oleh seorang Syaikh yang tinggal di Desa Rianiate. Dia membangun masjid di desa ini. Tepat di belakang masjid terdapat ribuan ekor ikan jurung.

Menurut mitos, Anda jangan sekali-sekali untuk memancing dan memakan ikan ini jika tak ingin mendapatkan celaka. Pengunjung hanya dapat memberi makan ikan dengan roti. Ribuan ikan jurung ini menjadi salah satu objek wisata yang diincar wisatawan yang datang. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi Danau Siais yang menyimpan ikan keramat?


Editor : Tuty Ocktaviany