Wisata Pantai Parang Dowo Malang, Gugusan Karangnya Terlihat Eksotis

Vien Dimyati ยท Minggu, 09 September 2018 - 10:00 WIB
Wisata Pantai Parang Dowo Malang, Gugusan Karangnya Terlihat Eksotis

WIsata Pantai Parang Dowo (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Malang, Anda akan banyak disuguhkan pemandangan natural yang menakjubkan. Tak hanya ada pegunungan, Malang juga memiliki objek wisata pantai cantik eksotis dan masih sepi, yaitu Pantai Parang Dowo.

Pantai Parang Dowo merupakan objek wisata eksotis yang memiliki gugusan batu karang yang memanjang melindungi pantai dari ganasnya ombak pantai selatan. Gugusan karang di pantai ini menjadi spot paling diincar wisatawan ketika berkunjung ke Malang.

Tekstur karangnya unik dan bergelombang. Jika musim penghujan, batu karangnya akan berwarna hijau segar. Namun jika musim kemarau akan tampak menguning. Inilah yang menjadikan batu karang di Pantai Parang Dowo terlihat eksotis.

"Salah saru keistimewaan Pantai Parang Dowo adanya gugusan karang yang memanjang melindungi pantai dari kerasnya ombak Pantai Selatan. Tahu sendiri, kalau Ombak Pantai Selatan terkenal kuat dan ganas? Itulah sebabnya pantai ini menjadi favorit keluarga. Gugusan Karang ini pun akan terlihat hijau di musim hujan, di musim kemarau akan terlihat agak kuning, karena eksotis gugusan karang ini kerap dijadikan objek berfoto yang instagenic. Selamat berkunjung," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Minggu (9/9/2018).

Pantai Parang Dowo akan terlihat jelas di Jalur Lintas Selatan (JLS). Tidak sedikit wisatawa yang melintas berhenti hanya untuk berswafoto. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus melalui Pantai Jaelangkung yang berada di sebelahnya.

Anda dapat menyusuri area pantai saat air surut. Saat air surut, genangan air di pantai relatif tenang dan aman. Namun ketika pasang, air akan meninggi, ombaknya akan terasa hingga ke tepian pantai.

Di sebelah bagian barat pantai, Anda dapat melihat dasar batu karang. Di sela bebatuan terdapat berbagai biota laut, seperti ikan-ikan kecil dan binatang laut lainnya.

Pantai Parang Dowo terletak di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Rute yang harus ditempuh menuju pantai ini sekitar 78 kilometer dari pusat Kota Malang.


Editor : Vien Dimyati