Festival Pesona Lokal Solo Raya Cetar dan Keren

Tuty Ocktaviany ยท Minggu, 09 September 2018 - 09:53 WIB
Festival Pesona Lokal Solo Raya Cetar dan Keren

Salah satu peserta yang menampilkan kostum unik dalam parade Festival Pesona Lokal di Solo Raya. (Foto: iNews/Ramdani Ramadhan)

KARANGANYAR, iNews.id - Festival Pesona Lokal (FPL) Solo Raya digelar meriah di area De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah,  Minggu (9/9/2018). Masyarakat setempat tampak antusias menyaksikan parade festival budaya.

Mereka seakan tidak mau kalah dengan para fotografer untuk mengabadikan momen spesial ini. Terlebih lagi, para peserta festival budaya terlihat menarik dengan beragam kostum unik.


Acara parade festival budaya dibuka oleh Head of Region SSD (Central Java Region) Adira Finance Irfan Budianto,  Deputy Director-Head Motorcyle Financing Adira Finance Andy Sutanto, Chef Executive Officer PT Dinamika Adira  Dinamika Julian Noor, Direktur SDM dan Marketing Adira Swandajani Gunadi, CFO iNews Rafael Utomo, Wakil Pemimpin Redaksi iNews Ariyo Ardi. Para peserta dan pengunjung pun diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum arak-arakan peserta  festival budaya dimulai.


BACA JUGA:

Warga Solo Raya, Yuk Kunjungi Festival Pesona Lokal di De Tjolomadoe

Festival Budaya Lokal di Solo Raya Dibuka dengan Parade Kostum Unik


Parade karnaval budaya diikuti lebih dari 1.700 peserta yang memamerkan busana adat dan musik tradisional, serta seni pertunjukan khas budaya Jawa Tengah. Tidak hanya singo barong, dayakan topeng, tapi juga masih banyak pertunjukan yang membuat wisatawan yang hadir terkesima melihatnya. Perhelatan FPL Solo Raya ini merupakan hasil kerja sama Adira Finance, iNews dan Kementerian Pariwisata.

"Acara Festival Pesona Lokal Solo Raya cetar dan keren,” tutur Direktur SDM dan Marketing Aries Finance Swandajani Gunadi kepada iNews.id di lokasi acara De Tjolomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (9/9/2018).


Di lokasi yang sama, CFO iNews Rafael Utomo menilai acara Festival Pesona Lokal Solo Raya sangat bagus dan bisa memperkenalkan adat istiadat budaya lokal kepada masyarakat Indonesia. "Festival Pesona Lokal memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing di setiap daerah. Sama ramainya dengan FPL Bandung dan kekompakan dari pesertanya. Perbedaannya hanya dari budayanya," kata Rafael.

Dengan suksesnya acara Festival Pesona Lokal, Rafael berharap acara ini bisa dilakukan sacara kontinu. "Selamat buat iNews dan Adira yang sukses menggelar acara ini. Buat iNews, acara ini sekaligus untuk branding sehingga dikenal masyarakat," ucapnya.

Secara keseluruhan, FPL akan digelar di sembilan kota. Solo Raya menjadi tuan rumah yang kedua. “Dipilihnya Solo Raya untuk gelaran Festival Pesona Lokal memang bukan tanpa alasan. Solo sudah dikenal sebagai kota budaya dan masyarakatnya juga sangat kreatif. Apalagi lokasi acara Festival Pesona Lokal di De Tjolomadoe yang kental dengan nilai sejarah,” kata Head of Media Communications Adira Finance Adella Usman.

Selama acara FPL berlangsung, banyak acara yang siap dilombakan. Tidak hanya karnaval budaya, tetapi ada lomba masak dan mural. Selain itu, para pengunjung juga akan dihibur oleh penyanyi dangdut papan atas Zaskia Gotik dan Resa Lawangsewu.


Editor : Donald Karouw