Yuk, Cicipi Kuliner Khas Thailand yang Terkenal Lezat di Kota Jakarta

Siska Permata Sari · Senin, 10 September 2018 - 18:04 WIB
Yuk, Cicipi Kuliner Khas Thailand yang Terkenal Lezat di Kota Jakarta

Lezatnya kuliner khas Thailand. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Negara Thailand memiliki kekayaan kultur, budaya, hingga ragam kuliner khas. Apalagi sebagai kawasan negara Asean, Thailand juga dikenal dengan masakan-masakan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah.

Hal ini pula yang menjadikan negara Thailand salah satu tempat wisata kuliner bagi Anda yang senang mencoba kuliner-kuliner khas berbagai negara. Alasan lainnya di Thailand juga terkenal dengan makanan kerajaan Thailand atau disebut dengan Royal Thai Cuisine.

Namun, kini Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand untuk menikmati hidangan khasnya. Karena di Jakarta, Anda bisa menyicipi berbagai kuliner khas Thailand. Tepatnya di restoran SATOO di Shangri-La Hotel Jakarta, Karet, Jakarta.

Selama seminggu, mulai dari 10 hingga 16 September 2018, restoran tersebut akan mendatangkan juru masak ahli dari Thailand, Taingtrong Naruchit yang menyajikan masakan-masakan khas Thailand. Apa saja? Yuk intip menunya!

Tom Yam Goong

Taingtrong mengatakan, tom yam goong ini merupakan sup pedas asam isi udang yang sangat khas dari Thailand. Sebagai salah satu kuliner khas Thailand, tom yam goong ini sangat kental rasa asam pedasnya. Ditambah, isian sup berupa udang yang memperkaya rasa sup-nya.

Pad Thai Goong

Kuliner Thailand satu ini mungkin mengingatkan Anda dengan bakmi jawa atau kwetiau. Namun bedanya, pad thai goong ini merupakan mie tumis yang dicampur dengan sayuran seperti taoge hingga lobak acar.

Selain itu, jika bakmi jawa atau kwetiau terasa sangat manis, pad thai goong ini justru sangat asam karena ditambah perasan jeruk Thailand. Tetapi jika Anda khawatir rasanya terlalu asam, di sini penyajian pad thai goong disesuaikan lidah dan selera orang Indonesia. Anda juga bisa menambahkan bumbu seperti jeruk peras sendiri, sesuai selera Anda.

Laab Phed

Makanan khas Thailand satu ini kelihatannya akan mirip dengan daging kalio atau 'rendang berkuah'. Menurut Taingtrong, laab phed ini merupakan cincangan daging yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, serta dicampur rajangan daun bawang, bawang bombai hingga daun ketumbar.

Sajikan Belasan Menu Khas Thailand

Selain tiga makanan khas tadi, ada belasan menu khas Thailand yang diboyong ke restoran SATOO Shangri-La Hotel Jakarta selama 10-16 September 2018. Kuliner tersebut di antaranya somtam gai yang, thod man goong, krathong thong, yam huapee goongsod, tom juga gai, mussaman kae, gaeng phed yang sai lychee, nuea phad prik-kee-noo-sod, pla kapong sam-rod, kanom ko naam, khao niew mamuang, kanom piakpoon, gai phad medmamuwang himmaphan, khao pad nam prik long phea dan tub tim siam. Tak cuma makanan-makanan khas, ada juga dessert khas Thailand dan minuman khas Thailand yaitu thai tea.


Editor : Tuty Ocktaviany