Pulau Dewata Jadi Saksi Keseruan Festival Pesona Lokal

Diaz Abraham ยท Senin, 10 September 2018 - 19:19 WIB
Pulau Dewata Jadi Saksi Keseruan Festival Pesona Lokal

Festival Pesona Lokal akan digelar di Bali. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Bali merupakan daerah yang kaya akan potensi, mulai dari kearifan lokal, wisata, masakan daerah, bahkan ada beberapa hewan endemik di sana. Mayoritas penduduk Bali merupakan pemeluk agama Hindu, sehingga daerah tersebut terkenal pula dengan sebutan Pulau Seribu Pura.

Bagi umat Hindu, Nyepi merupakan hari raya bagi mereka. Pada momen itu, semua aktivitas akan ditunda terlebih dahulu. Bahkan, jalanan akan lengang dan bandara akan ditutup, pemeluk agama lain akan mengehormatinya, termasuk umat Muslim.

Agama mayoritas kedua di Bali adalah Islam. Selain Idul Fitri, umat Muslim juga merayakan hari raya besar lainnya, yakni Idul Adha yang dilangsungkan dengan beberapa prosesi keagamaan, salah satunya berkurban. Hewan yang dikurbankan beraneka ragam, seperti kambing, domba, kerbau, dan sapi.

Hewan terakhir, umum diternak oleh masyarakat Indonesia dan Bali menjadi salah satu penyedia sapi terbesar. Bahkan, Pulau Dewata memiliki satu jenis sapi endemik bernama sapi bali.

Sapi bali merupakan hasil penjinakan banteng yang dilakukan masyarakat Bali. Sapi jenis ini dikenal memiliki ketahanan terhadap berbagai penyakit dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga memudah dibudidayakannya.

Selain kaya akan fauna, Bali dikenal dengan keindahan lautnya. Tak heran bila wilayah tersebut menjadi destinasi utama bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk menikmati deburan ombak, serta olahraga air yang telah dikembangkan oleh pihak pengelola.

Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, Pantai Seminyak, dan Pantai Uluwatu merupakan destinasi yang umum dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Bali. Jika ingin membeli buah tangan, silakan datang ke Pasar Batur atau Pasar Sukawati. 

Segala kelebihan tersebut membuat Bali terpilih sabagai salah satu lokasi yang akan dijadikan tempat digelarnya Festival Pesona Lokal. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama antara Adira Finance, Kementerian Pariwisata, dan iNews.

Festival ini akan diselenggarakan di Lapangan Renon pada 23 September 2018. Segera daftarkan diri Anda pada salah satu lombanya di microsite ini (bit.ly/festivalpesonalokal). Kehadiran pedangdut papan atas Via Vallen akan menghibur Anda.

Anda yang berada di luar daerah dan belum berkesempatan mengikuti keseruan ini bisa merasakan keseruan acara FPL dengan mengikuti digital activity di inewstvmobile.com. Ada hadiah menarik dari iNews menanti para pemenang. Yuk, segera daftarkan diri Anda pada salah satu lombanya karena hadiah total ratusan juta rupiah menanti.


Editor : Tuty Ocktaviany