Resep Rahasia Ayam Bakar Taliwang Lombok yang Super Pedas

Vien Dimyati ยท Senin, 10 September 2018 - 19:36 WIB
Resep Rahasia Ayam Bakar Taliwang Lombok yang Super Pedas

Nikmati kelezatan ayam bakar taliwang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Berbicara kuliner khas Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), tentu tidak lepas dari makanan fenomenal ini, yaitu ayam bakar taliwang. Warnanya yang kehitaman karena dibakar dengan arang terlihat menggoda.

Rasanya yang lezat terasa nikmat dan menggugah selera. Apalagi jika Anda menambahkan sambal bawang yang super pedas, jangan ditanya lagi kelezatannya.

Untuk mencicipi ayam bakar taliwang, Anda tak harus pergi ke Lombok. Di rumah, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam taliwang juga mudah. Anda hanya membutuhkan ayam, gula merah, bawang, cabai rawit, kencur, kemiri, dan lainnya.

Ingin tahu rahasia lengkap resep ayam bakar taliwang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @Riskajuliannaa, dikutip Senin (10/9/2018).

Bahan:
600 gram ayam
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh (keprek)
265 ml santan encer (santan kara+air)
¾ keping gula merah
1 sdm kecap manis

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabai merah keriting
15 cabai rawit/sesuai selera
½ ruas kencur
2 butir kemiri sangrai
1 papan terasi abc bakar
Sedikit garam & penyedap

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, sereh sampai harum dan berubah warna, lalu masukkan gula merah & kecap manis.
  2. Masukkan ayam aduk rata, biarkan sebentar saja sampai bumbu agak meresap, lalu tambahkan santan, aduk rata. Biarkan hingga santan mengental dan meresap sambil sesekali diaduk (jangan lupa koreksi rasa).
  3. Setelah santan meresap, angkat ayam dan sisahkan sisa bumbunya untuk olesan. Panggang ayam sambil dioles dengan sisa bumbu ungkepnya.

Editor : Tuty Ocktaviany