Indahnya Piramida Mesir ala Flores, Gunung Inerie Rumahnya Para Dewa

Vien Dimyati · Selasa, 11 September 2018 - 13:09 WIB
Indahnya Piramida Mesir ala Flores, Gunung Inerie Rumahnya Para Dewa

Keindahan Gunung Inerie Flores (Foto: Instaram)

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan pariwisata, Indonesia Timur identik memiliki destinasi pantai yang indah. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pemandangan lainnya, coba untuk pergi ke dataran tinggi Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) melihat pesona Gunung Inerie yang mirip dengan piramida Mesir.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.245 mdpl ini dikatakan mirip dengan bangunan kuno pramida Mesir karena memiliki pucuk yang runcing. Berada di sini, seolah Anda sedang berwisata ke piramida Mesir ala Flores.

Terdapat beberapa tempat di sekitar Gunung Inerie yang dijadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan dari gunung berapi yang masih aktif ini. Aimere dan penginapan Manulalu disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menikmati panorama Gunung Inerie.

Letusan Gunung Inerie pada 1970 menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Inerie. Bentuknya terlihat jelas mirip piramida lancip. Keberadaan Gunung Inerie tampak dari semua sisi kampung, sehingga masyarakat yakin dewa yang tinggal di puncak Gunung Inerie dapat memantau aktivitas masyarakat.

Masyarakat adat percaya jika puncak Gunung Inerie merupakan rumah dewa penjaga harmoni Flores. Salah satunya dewa kesatria Jaramasi yang dipercaya tinggal di batu besar sebelah selatan gunung.

"Jika di Garut, Jawa Barat terdapat Gunung Sadahurip yang tersohor karena bentuknya yang menyerupai piramida, ternyata di Pulau Flores pun dapat dijumpai gunung lainnya yang memiliki bentuk mirip bangunan kuno negeri Mesir tersebut. Gunung tersebut bernama Gunung Inerie, terletak di Kabupaten Ngada, atau sekitar lima belas kilometer ke arah selatan dari Bajawa yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Bentuk Gunung Inerie benar-benar menyerupai piramida dengan pucuknya yang runcing dengan tinggi 2.245 mdpl," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (11/9/2018).

Untuk mendaki Gunung Inerie, traveler harus melalui kerikil dan bebeatuan cadas. Rutenya agak sulit dan licin, tak heran jika pendaki kerap sedikit merangkak ketika mendaki ke puncaknya.

Meski demikian, ketika Anda sudah berada di punggungan pertama, Anda dapat melihat kawah yang cukup dalam dari Gunung Inerie. Kemiringan akan semakin tajam jika Anda naik lebih ke puncak teratas.

Jika Anda penasaran ingin mendaki Gunung Inerie, datanglah ke Ngada Provinsi NTT. Anda dapat mengambil rute dari Kupang ke Bandara Soa dan kemudia menuju Kota Bajawa. 

 


Editor : Vien Dimyati