Kepulauan Sombori, Primadona Sulawesi Tengah Mirip Raja Ampat Kecil

Vien Dimyati ยท Selasa, 11 September 2018 - 16:10 WIB
Kepulauan Sombori, Primadona Sulawesi Tengah Mirip Raja Ampat Kecil

Keindahan Kepulauan Sombori Sulawesi Tengah (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Sulawesi Tengah belum lengkap tanpa mengeksplor dunia bawah laut yang menyimpan keindahan memesona. Ya, tidak harus ke Raja Ampat Papua untuk menikmati keindahan biota dan spesies laut yang unik. Sulawesi Tengah juga memiliki destinasi wisata yang mirip dengan Raja Ampat.

Travelling ke Sulawesi Tengah, Anda harus singgah mengunjungi Kepulauan Sombori yang berada di Morowali. Pulau Sombori disebut mirip Raja Ampat, karena memiliki gugusan batu karang dan pulau-pulau kecil. Bahkan pesona bawah lautnya menakjukan.

"Karena keindahannya, Kepulauan Sombori diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata baru di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Gugusan tebing-tebing yang tak kalah indah dengan panorama Raja Ampat. Air lautnya pun berwarna biru bening kehijauan, terlihat indah! Tentunya tidak perlu diragukan lagi kekayaan bawah airnya, banyak spesies ikan dan karang yang masih alami. Jika sempat, sahabat juga dapat mengunjungi Lembah Ollon, Bukit Teletubbies-nya Toraja, sekitar 40 kilometer dari Kota Makale. Pemandangan di lembah ini tak kalah indah dengan yang ada di New Zealand," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (11/9/2018).

Kawasan konservasi seluas 41.342 hektare ini memiliki pemandangan yang tak pernah Anda lihat sebelumnya. Mulai dari pepohonan, batu karang, hingga menyelam melihat berbagai spesies laut unik.

Untuk menikmati Kepulauan Sombori secara keseluruhan, cobalah untuk mengarungi samudera dengan naik perahu nelayan. Jika beruntung Anda dapat melihat lumba-lumba dan hiu paus.

Kepulauan Sombori memang masih sepi dengan wisatawan, tetapi hal itu menjadi sensasi tersendiri karena Anda dapat menimati pulau tanpa ada keramaian. Anda dapat menjelajahi pulau-pulau kecil, bermain di pantai, atau merasakan sensasi memasuki gua-gua eksotis di sini.

Berada di Sombori, Anda harus mengunjungi yang terpopuler seperti Gua Berlian dan Gua Tengkorak. Stalaktit dinding guanya akan berkilauan jika terkena pantulan sinar matahari. Ini juga bisa menjadi spot foto menarik untuk diabadikan. Pulau Sombori tepatnya berada di Desa Mbokita, Kecamatan Bungku Timur, Kab Morowali, Sulawesi Tengah. Bagaimana, apakah Anda penasaran ingin menjelajahi Kepulauan Sombori yang mirip Raja Ampat kecil ala Sulawesi Tengah.

 


Editor : Vien Dimyati