Eksotisme Air Terjun Kembang Soka yang Berwarna-warni di Kulonprogo

Vien Dimyati ยท Rabu, 12 September 2018 - 19:10 WIB
Eksotisme Air Terjun Kembang Soka yang Berwarna-warni di Kulonprogo

Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling menjelajahi objek wisata air terjun Kembang Soka di Kulonprogo, Yogyakarta selalu memiliki daya pikat tersendiri.

Letaknya yang tersembunyi di antara rimbunan hutan tidak mencegah wisatawan untuk datang. Ya, wisatawan rela untuk menjelajahi hutan hanya untuk melihat keindahan air terjun warna-warni yang berasal dari mata air kembang soka.

Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena memiliki dua warna yaitu, putih dan hijau toska. Bahkan, jika Anda melihat lebih jelas bebatuannya juga berwarna-warni. Batu yang ada di dasar sungai terlihat berwarna kuning, sedangkan batu di tebing air terjun berwarna merah.

"Air Terjun Kembang Soka memiliki julukan 'Air Terjun Warna' karena mempunyai berbagai warna, dan memiliki kolam pemandian yang khas dari air alami yang berasal dari Bukit Menoreh. Sampai saat ini wisata ini masih menjadi andalan di Kulonprogo," tulis Instagram @indoflashlight dikutip Rabu (12/9/2018).

Air terjun ini bernama Kembang Soka karena memang sumber mata air di dalam tanah terdapat banyak pohon soka. Air terjun Kembang Soka merupakan tertinggi di antara air terjun lainnya yang ada di sekitar. Tidak heran jika air yang mengalir terlihat deras.

Keunikan air terjun ini akan membuat traveler betah berlama-lama hanya untuk sekadar berenang, berendam, atau berswafoto. Ada banyak spot foto di sini, seperti air terjun, bebatuan warna-warni, hingga pemandangan alam hutan belantara.

Jika tertarik untuk mengeksplor air terjun ini lebih dekat. Anda dapat mengambil rute dari Yogyakarta ke arah Kulonprogo. Tepatnya di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo.


Editor : Vien Dimyati