Traveler Wajib Tahu, Ini 5 Etika Berbelanja di Minimarket Jepang

Okezone.com ยท Kamis, 13 September 2018 - 16:48 WIB
Traveler Wajib Tahu, Ini 5 Etika Berbelanja di Minimarket Jepang

Japan menjadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Coinivore)

JAKARTA, iNews.id – Travelling ke Jepang memang menyenangkan dan banyak hal menarik yang akan dijumpai. Namun sebelum sampai ke sana, Anda perlu mempelajari beberapa hal. Salah satunya, belajar etika ketika berbelanja di minimarket Jepang.

Selain memiliki restoran dengan konsep kreatif dan unik, Jepang memang dikenal punya minimarket yang mumpuni, strategis, bersih, harga terjangkau, menawarkan makanan segar, dan pelayanan yang memuaskan.

Namun, semua kemudahan itu tidak datang tanpa banyak kerja keras dari pihak karyawan toko, yang mana sambil bekerja keras tanpa lelah dan selalu melempar senyuman pada pelanggan. Dalam hal kenyamanan pelayanan di minimarket, sejatinya ada beberapa etika yang para kasir harapkan dilakukan oleh pelanggan.

Nah, jika suatu saat berkesempatan untuk mendatangi minimarket asli Jepang langsung, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu, sederet etika penting ketika berbelanja di minimarket Jepang. Menyitat Soranews24, Kamis (13/9/2018), yuk dibaca dulu lima uraian singkat etika penting berbelanja di minimarket Jepang berikut ini.

1. Jangan Menggulung dan Melipat Lembaran Uang Tunai

Selain sebagai tempat membeli aneka makanan ringan dan minuman, mereka juga menjual makanan siap saji lengkap dan berbagai macam barang. Tidak hanya itu, bahkan pembayaran tagihan juga bisa dilakukan di sini. Tidak hanya untuk hal-hal kecil seperti layanan telepon bulanan, tetapi bahkan tagihan pajak.

Maka dari itu, sebaiknya saat membayar di kasir jangan melipat atau menggulung beberapa lembar uang tunai untuk membayar, segera buka lipatan gulungan uang tunai sebelum menyerahkannya ke petugas kasir. Selain lebih nyaman untuk kasir, juga membantu proses transaksi berjalan lebih cepat.

2. Tidak Melempar Uang Koin

Satuan nominal mata uang Yen Jepang adalah 1.000 Yen. Maka biasanya, uang kembalian sangat dibutuhkan. Untungnya, minimarket di Jepang biasanya memiliki nampan kecil di sebelah meja kasir, di mana pelanggan dapat menaruh koin saat sedang dihitung. Etika penting di sini adalah meletakkan koin tersebut dengan benar, bukan dengan cara dilempar. Kadang-kadang pelanggan yang tidak sopan membuang uang koin ke nampan dengan cara yang lebih menyerupai seperti acara pelemparan jarak jauh dalam kotak koleksi besar di kuil-kuil Buddha dan kuil Shinto.

3. Letakkan Kartu di Atas Uang Tunai

Di Jepang, banyak minimarket yang mempunyai sistem memiliki reward cards, baik milik sendiri atau bagian dari jaringan bersama dengan bisnis lain. Saat bertransaksi menggunakan kartu reward sekaligus uang tunai, letakkan kartu di atas lembaran uang. Sebab, petugas harus menggesek kartu tersebut sebelum mereka memberi tahu pelanggan. Jika petugas kasir tidak melihat kartu tersebut, padahal telah memindai semua barang yang dibeli, maka petugas kasir harus membatalkan penjualan dan memulai semua proses dari awal.

4. Tak Mengambil Uang Kembalian Langsung dari Tangan Kasir

Para petugas kasir saat sudah menggenggam uang kembalian pelanggan, tentunya akan memberikan kepada pelanggan dengan cara yang seharusnya. Maka dari itu sebagai pelanggan, kita tidak perlu menarik dengan kasar uang tunai dari tangan petugas kasir, tidak peduli walaupun Anda sedang terburu-buru.

5. Perlakukan Karyawan Toko seperti Manusia Lainnya

Jasa pelayanan di Jepang diketahui begitu bagus, sehingga menjadikan berbelanja sebagai pengalaman yang sangat menyenangkan. Sayangnya, terkadang pelanggan mengambil keuntungan dari hal ini dengan berlaku tidak sopan kepada petugas di minimarket. Misalnya, berkata dan bertindak kasar.

Ingatlah bahwa baik pembeli dan staf penjualan adalah sama-sama manusia biasa. Jika saat melayani terjadi kesalahan, tidak perlu melakukan atau berkata kasar. Jika merasa perlu mengajukan komplain, ajukan dengan cara yang sopan dan beradab. Demikian dimuat Okezone.com.


Editor : Tuty Ocktaviany